SBD  

Bencana Angin Puting Beliung di SBD, 4 Warga Meninggal Dunia, 2 Patah Tulang, 1 Kritis

Korban yang kritis telah dilarikan ke Rumah Sakit (RS).

Rumah warga rusak akibat bencana puting beliung di SBD. (Foto: Dok. Pusdalops BPBD NTT)

Tambolaka, KN – Bencana angin puting beliung melanda Desa Ate Dolo, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Jumat 28 April 2023 sekira pukul 14.30 WITA.

Akibat dari bencana ini, 4 warga dinyatakan meninggal dunia, 2 orang mengalami patah tulang, dan 1 orang dalam keadaan kritis. Korban yang kritis telah dilarikan ke Rumah Sakit (RS).

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Provinsi NTT mencatat, sebanyak 25 unit rumah warga rusak akibat angin putting beliung.

Namun pihak BPBD Sumba Barat Daya belum merinci tingkat kerusakan serta jumlah warga yang terdampak akibat musibah tersebut.

Hingga malam ini, petugas dari BPBD setempat dan unsur terkait lainnya masih melakukan upaya penanganan darurat di lokasi bencana, seperti evakuasi dan penilaian kebutuhan.

BACA JUGA:  Ribuan Penonton Padati Lapangan Pasola Raya Winyo Kodi SBD

Menyikapi musibah ini, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTT Ambrosius Kodo telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT guna memastikan dukungan logistik bagi warga terdampak.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan dukungan pengurusan santunan bagi korban jiwa meninggal dunia ke Kementrian Sosial di Jakarta.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTT Ambrosius Kodo mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan siaga terhadap fenomena angin putting beliung yang dapat terjadi saat hujan sedang berlangsung.

“Pastikan atap rumah kokoh dan memangkas ranting-ranting pohon yang ada di sekitar rumah. Saat di ruang publik, agar hindari berlindung di bawah pohon atau pun papan reklame,” pesan Ambros Kodo. (Pusdalops BPBD NTT/KN)