OJK NTT, TPAKD dan Kemendes PDTT Sosialisasi Program Kerja EKI di Desa Oefeto

Kegiatan ini bertujuan membangun desa, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup, dan menanggulangi kemiskinan di wilayah perdesaan.

Penyerahan Kredit Mikro Merdeka Bank NTT kepada masyarakat Desa Oefeto. (Foto: Dok. OJK NTT)

Oelamasi, KN – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama sengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Kemendes PDTT membuat sebuah inisiasi program kerja yaitu Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) di wilayah perdesaan.

Kegiatan Sosialisasi Pra Inkubasi Program Kerja Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) di Desa Oefeto, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur ini, berlangsung pada Selasa 18 April 2023.

Kegiatan ini bertujuan membangun desa, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup, dan menanggulangi kemiskinan di wilayah perdesaan.

Sebelumnya OJK Provinsi NTT bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi NTT telah menyeleksi dan memilih satu desa untuk dijadikan sebagai desa percontohan penerapan program kerja EKI. Sehingga desa yang terpilih adalah Desa Oefeto, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang.

Kegiatan sosialisasi program kerja EKI dihadiri langsung oleh Kepala Kantor OJK Provinsi NTT Japarmen Manalu, serta perwakilan stakeholder baik dari pemerintah atau Lembaga Jasa Keuangan (LJK), yang terlibat dan telah berkomitmen untuk berkontribusi dalam implementasi program kerja EKI.

Stakeholder yang hadir antara lain Bank NTT, Bank BRI, Dinas PMD Provinsi NTT, Camat Amabi Oefeto dan Kades Oefeto, serta stakeholder lainnya, yang akan dilibatkan dalam kegiatan yang sama ke depan.

BACA JUGA:  OJK: Penutupan SVB Tidak Berdampak Langsung Terhadap Industri Perbankan Indonesia

Kepala OJK NTT Japarmen Manulu dalam sambutannya saat membuka kegiatan menyampaikan harapan, agar warga Desa Oefeto memiliki semangat untuk berubah dan belajar.

“Diharapkan program kerja EKI dapat berjalan dengan baik, dan dapat meningkatkan taraf ekonomi dari masyarakat di Desa Oefeto,” kata Japarmen Manalu.

Selain melaksanakan kegiatan sosialisasi, para stakeholder yang hadir juga memperkenalkan instansi masing-masing, serta memperkenalkan secara singkat mengenai produk unggulan yang bisa ditawarkan kepada masyarakat.

Setelah itu dilakukan penyerahan tabungan SIMPEL dan pembiayaan Kredit Merdeka secara simbolis kepada 9 siswa dari tingkat SD hingga SMA dan 3 warga Desa Oefeto sebagai awal mula dimulainya program pengembangan ekosistem keuangan di Desa Oefeto.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pengenalan OJK dan menjelaskan secara singkat mengenai maksud, tujuan serta rangkaian kegiatan program kerja yang akan dilaksanakan di Desa Oefeto.

Masyarakat Desa Oefeto memberikan feedback yang sangat positif dan sangat mengharapkan dengan kehadiran OJK, OJK dapat menjadi perpanjangan tangan warga kepada LJK agar masyarakat dapat melakukan transaksi keuangan dengan lebih mudah. (*/KN)