Aset Tembus Rp24 Miliar, KSP Kopdit Ayo Mandiri Ruteng Fokus Tingkatkan Kapasitas Anggota

Program kerja ini guna meningkatkan kualitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap anggota koperasi.

RAT KSP Kopdit Ayo Mandiri Ruteng. (Foto: Yhono Hande)

Ruteng, KN – Program Kerja (Proker) KSP Kopdit Ayo Mandiri Ruteng untuk tahun 2023 akan lebih berfokus pada peningkatan kapasitas terhadap anggota melalui pendidikan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pengurus KSP Kopdit Ayo Mandiri Adrianus Nurdin saat kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke- XIII Tahun Buku (TB) 2022 di Aula Efata Ruteng yang bertajuk “Berjuang Bersama Menuju Kemandirian Anggota” dan ” Pangang De Lawa, Deming De Weki” Kamis, 30 Maret 2023 pagi.

Ia menjelaskan, program kerja ini guna meningkatkan kualitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap anggota koperasi.

Hal ini dilakukan agar mampu mewujudkan koperasi yang sehat dalam mengembangkan usaha koperasi sehingga mampu berdaya saing dan keinginan setiap anggota bisa tercapai dan lebih baik.

“Untuk program kerja tahun 2023 dari anggota menyepakati untuk peningkatan kapasitas terhadap anggota lewat pendidikan melalui manajemen, dan bekerjasama dengan Ayo Indonesia begitu juga dengan pemberdayaan,” ungkap Adrianus kepada KORANNTT.COM.

Ia juga menjelaskan, terkait rencana penerapan digitalisasi, Kopdit Ayo Mandiri hingga saat ini masih sementara digodok.

Adrianus berharap, kehadiran Kopdit Ayo Mandiri bisa meningkatkan perekonomian anggota ke depan.

BACA JUGA:  Bupati Manggarai Buka Kegiatan Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2022

Aset KSP Kopdit Ayo Mandiri Tahun 2023 Tembus Rp24 Miliar

Sementara itu Manager KSP Ayo Mandiri (Aman) Anggreny Florensia menjelaskan bahwa sampai dengan saat ini anggota Kopdit Aman mendekati angka 6 ribuan dengan aset tembus Rp24 Miliar.

“Semua anggota per Desember 2022 sejumlah 5.669 orang dan untuk aset ada peningkatan 7% atau 24,319,274,606 dari tahun 2021 sebesar 22,638,084,148,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, untuk program kerja kedepan (2023) masih tetap memberikan penguatan kapasitas untuk anggota.

“Ke depan kami akan berfokus pada peningkatan kapasitas, motivasi, dan pemberdayaan terhadap anggota,” tandas Anggreny.

Ia menambahkan, untuk pinjaman anggota tahun 2022 naik sebanyak Rp9,581,881,000 atau 103% .

“Ini berfokus pada pendidikan sebanyak 45%, produktif 40%, sedangkan untuk kesehatan atau konsumtif 5%. Ini semua tergantung kebutuhan anggota,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepengurusan dan Pengelola KSP Kopdit Ayo Mandiri Perwakilan Puskopdit Manggarai, Plt Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Manggarai, Perwakilan dari Bank Mandiri, dan Anggota Koperasi KSP Kopdit Ayo Mandiri dari berbagai wilayah. (*).