Bisnis  

Bank NTT dan Pemkab Manggarai Launching Aplikasi CMS SP2D Online

SP2D online merupakan sistem keuangan yang terintegrasi antara Pemda dan Bank NTT, dengan tujuan mempercepat proses pencairan dana menggunakan pendekatan teknologi, yakni lewat aplikasi.

Ruteng, KN – PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Pemerintah Kabupaten Manggarai melaksanakan launching aplikasi Content Management System (CMS) Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) online.

SP2D online merupakan sistem keuangan yang terintegrasi antara Pemda dan Bank NTT, dengan tujuan mempercepat proses pencairan dana menggunakan pendekatan teknologi, yakni lewat aplikasi.

Direktur Dana dan Treasury Bank NTT, Yohanis Landu Praing dalam sambutan menyampaikan, Bank NTT selalu memberikan yang terbaik karena Bank NTT milik masyarakat NTT, termasuk milik masyarakat Manggarai.

“Sudah layak dan sepantasnya Bank NTT memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Manggarai, sehingga pada hari ini kita boleh melakukan launching SP2D online,” ujar Yohanis Landu Praing.

Menurutnya, selain SP2D online, ke depan Bank NTT juga akan bersinergi dan berkolaborasi bersama pemerintah daerah untung menghadirkan SPJ online.

“Kalau kita menerapkan SPJ online, otomatis efisiensi dan efektivitas dengan sendirinya akan terjadi. Yang terpenting adalah memberikan kemudahan bagi para bendahara,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Dana dan Treasury Bank NTT menekankan, dengan penerapan SP2D online, maka indeks elektronifikasi Pemda Manggarai akan meningkat.

“Kalau kemarin masih dalam level maju, sekarang sudah pada level digital,” tutup Yohanis Landu Praing.

Sementara Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit menyambut baik kehadiran aplikasi SP2D online yang diterapkan oleh Bank NTT.

BACA JUGA:  Ramai Skali Bank NTT Jadi Gerakan Edukasi Literasi Keuangan bagi Kaum Milenial

Baginya, aplikasi SP2D online bisa membantu mempercepat dan mempermudah transaksi keuangan di lingkup Pemkab Manggarai

Ia mengatakan, percepatan pembangunan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Namun ada sejumlah keterbatasan yang dimiliki oleh pemerintah dalam hal sumber daya manusia, pembiayaan, dan lain-lain.

“Tapi kita bersyukur bahwa pada suatu titik, kita dipertemukan dengan lembaga-lembaga dan orang-orang yang memiliki cara pikirnya sama untuk percepatan pembangunan,” ujar Bupati Hery Nabit.

Berangkat dari visi yang sama tersebut, maka lahirlah sejumlah terobosan untuk membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Manggarai.

Bupati Hery mengucapkan terima kasih kepada Bank NTT yang telah berbagi diskusi, baik formal maupun informal, hingga sampai pada implementasi SP2D online.

“Terima kasih kepada Bank NTT yang melaunching (SP2D online) ini untuk mendukung pembangunan perekonomian di Manggarai. Yang saya mau katakan, percepatan itu tidak hanya dimiliki oleh kita, tapi juga dimiliki oleh lembaga-lembaga lain yang memiliki pemahaman yang sama,” tandasnya.

Bupati Hery berharap, dengan penerapan penerapan SP2D online, maka roda ekonomi akan bergerak lebih cepat, yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (*)