Cara Unik MAPALA UCB Kupang Rayakan Hari Valentine

Mereka memaknai hari Valentine dengan membagikan bibit pohon gratis kepada warga Kota Kupang.

Memaknai Hari Valentine, Mapala UCB Kupang bagi bibit pohon gratis kepada warga Kota Kupang. (Foto: Veronika)

Kupang, KN – Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA) Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang memaknai hari Valentine dengan membagikan bibit pohon gratis kepada warga Kota Kupang.

Pembagian bibit pohon itu berlangsung selama dua hari, sejak tanggal 13 hingga 14 Februari 2023. Aksi itu dilakukan di sejumlah titik di Kota Kupang, diantaranya lampu merah El Tari Kupang, lampu merah Kuanino, Pantai Kelapa Lima, dan Pantai LLBK.

Ketua MAPALA Kupang, Godel Maulaka mengatakan, sebagai mahasiswa pencinta alam, mereka ingin memaknai hari Valentine dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Menurut Godel, jika kebanyakan orang memaknai Valentine dengan menukar kado berupa coklat dan bunga, maka sebagai pencinta alam mereka bagikan bibit pohon kepada masyarakat umum.

“Kami ingin buat sesuatu berbeda. Jadi kita berikan kado berupa anakan pohon, beserta quotes untuk memotivasi orang yang menerima anakan pohon itu,” ujar Godel kepada wartawan, Selasa 14 Februari 2023.

BACA JUGA:  Pemkot Kupang Terima Bantuan Konsentrator Oksigen dari Kadin NTT dan GoTo

Dia menjelaskan, selain masyarakat, pihaknya juga membagikan bibit pohon kepada 14 orang penting yang ada di Kota Kupang.

“Diantaranya Gubernur NTT, Kapolda NTT, Danrem, Ketua DPRD, Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT, Kepala Bursa Efek Indonesia Perwakilan NTT, dan sejumlah instansi terkait lainnya,” jelas Godel.

Aksi itu, kata Godel, merupakan bentuk keprihatinan dan kekesalan mereka terhadap lingkungan dan iklim di NTT yang sudah perlahan mulai rusak.

“Untuk itu kita kasih kado, sekalian mengajak masyarakat untuk menanam pohon dan melestarikan alam kita,” pungkasnya.

Warga Kelapa Lima, Aini mengaku senang dengan aksi bagi-bagi bibit pohon yang dilakukan MAPALA Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang.

“Saya senang dengan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan, dengan membagikan bibit pohon kepada kami,” ungkapnya.

Untuk diketahui, aksi pembagian bibit pohon di sejumlah titik Kota Kupang ini, para mahaswa UCB didampingi sejumlah dosen dan Ketua MAPALA Kupang. (Dasry/Ratna/Sesil/Aldo).