270 Atlet Kempo FKI NTT Ikut Kejuaraan Bupati Cup 2023 di Manggarai

Even kejuaraan Bupati Cup 2023 ini berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) milik Dinas PPO Kabupaten Manggarai, Jumat 10 Februari 2023.

270 Atlet Kempo FKI NTT Ikut Kejuaraan Bupati Cup 2023 di Manggarai. (Foto: Yhono Hande)

Ruteng, KN – Sebanyak 270 atlet kempo yang terhimpun dalam organisasi Federasi Kempo Indonesia (FKI) Cabang NTT mengikuti kejuaraan Bupati Cup 2023 di Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Even kejuaraan Bupati Cup 2023 ini berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) milik Dinas PPO Kabupaten Manggarai, Jumat 10 Februari 2023.

Ketua FKI NTT, Kanisius Nasak mengatakan, seberanya ada 18 graha yang terhimpun dalam organisasi FKI NTT. Namun yang hadir hanya 12, sementara 6 lainnya tidak ikut serta karena pertimbangan cuaca.

“Jadi yang hadir ini ada 12 graha. Sementara atlet yang bertanding sebanyak 270 orang. Tetapi pada prinsipnya, semua graha siap mengikuti even apapun untuk kebesaran dan kejayaan FKI NTT,” ujar Kanis Nasak.

Menurutnya, even kali ini digelar dengan pola berbeda, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, karena atelet yang dilibatkan tahun ini mulai tingkat anak-anak hingga SMA.

“Alasannya agar bisa menciptakan regenerasi. Jadi mereka akan bertanding sesuai kelasnya. Misalnya dari ukuran berat badan, termasuk tingkat sekolah,” jelasnya.

Dia menjelaskan, even ini baru digelar pertama kalinya, setelah sebelumnya karena pandemi Covid-19. Sehingga kejuaraan Bupati Cup 2023 digelar secara tatap muka.

BACA JUGA:  Oknum Calo Terjaring OTT, Ini Kata Kadis Dukcapil Manggarai

“Jadi kita harap dalam even ini teman-teman panitia maupun wasit bisa melaksanakan tugasnya secara profesional,” harapnya.

Sebagai Ketua FKI NTT, Kanisius Nasak menyampaikan terima kasih kepada Bupati Manggarai, karena sangat antusias mendorong dan membantu, sehingga even Bupati Cup 2023 bisa terlaksana.

Ikut Kejurnas di Portugal

Kanisius Nasak menjelaskan akhir tahun 2023 FKI NTT akan mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) di negara Portugal.

“Hingga hari ini kita berlatih. Atlet diambil yang terbaik dari seluruh graha di NTT. Setelah kejuaraan ini dilakukan Training Center (TC) sebelum diberangkatkan mengikuti TC secara nasional di Jakarta,” jelasnya.

Pertengahan bulan Mei 2023, kata dia, semua atlet hasil seleksi sudah berada di Jakarta.

“Hasil kejuaraan ini nanti saya lihat yang terbaik dari anak-anak, kemudian TC tingkat provinsinya di Ruteng, sehingga tinggal menunggu petunjuk dari pusat,” ungkapnya.

“Yang pasti sebelum ikut kejuarnas di Portugal nanti ada tes terpusat di Jakarta yang nanti para atlet diambil dari seluruh provinsi yang dianggap paling baik untuk mewakili Indonesia,” tandasnya. (*)