Ben Isidorus Jadi Caleg DPR RI pada Pileg 2024

Putra kebanggaan masyarakat Manggarai itu optimis bisa mendapatkan dukungan menuju senayan.

Ben Isidorus (Foto: Istimewa)

Ruteng, KN – Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Ir. Ben Isidorus, MM., menyatakan diri siap bertarung untuk menuju ke pusat pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang.

Putra kebanggaan masyarakat Manggarai itu optimis bisa mendapatkan dukungan menuju senayan.

Ben Isidorus yang juga merupakan Anggota DPRD Provinsi NTT itu mengatakan, hal pertama yang menguatkan keputusan maju ke pusat adalah adanya dorongan sebagai bentuk kaderisasi dari partai.

Kedua, kata dia, jenjang karir yang ia lakoni sebagai politik. Sukses 1 periode di DPRD Kabupaten Manggarai pada 2014 ia langsung ambil langkah berani maju ke Provinsi dan menang pada Pileg 2019 lalu.

“Saat ini Partai mendorong orang-orang muda dalam artian baru pertama kali maju ke pusat. Itu yang paling pertama,” katanya kepada wartawan, Jumat 27 Januari 2023 di Ruteng.

Sebelumnya, pada Pileg 2019 lalu, Partai Hanura gagal lolos ke Parlemen karena gagal mencapai ambang batas 4%. Penyebab menurunnya suara Hanura pada Pileg 2019 diakui ada persoalan internal.

Tentu situasi itu akan berdampak pada beberapa urusan teknis yang tidak bisa diselesaikan sebelum pemilu berlangsung.

Meski demikian, persoalan internal tersebut membuat beberapa Provinsi yang ketiadaan Caleg. Namun di sisi lain, Provinsi-provinsi yang memiliki Caleg meraih suara yang besar.

Oleh karena itu persoalan tersebut kini telah diperbaiki, Partai Besutan Oesman Sapta Oedang itu sudah dalam keadaan siap untuk memenangkan kontestasi.

Untuk diketahui, dalam sejarahnya Partai Hanura terbilang cukup baik. Di mana pada Pileg 2009 Partai Hanura meraih 3,7% suara nasional.saat ambang batas 2,5%. Pada Pileg tahun 2014 Hanura naik menjadi 5,26% total suara nasional.

“Untuk sekarang kami juga mau agar tahun 2024 Hanura punya wakili di Senayan. Kami sekarang kerja supaya bagaimana bisa mendapatkan kembali 5,26% (Pileg 2014) itu sehingga kami kembali bisa duduk di Senayan. Bagi kami keberadaan kami di sana agar bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat yang kita wakili dari NTT ini,” kata Politisi asal Manggarai itu.

Optimis untuk Mendapatkan Dukungan dan Menang.

BACA JUGA:  Undana Kupang Gelar Kuliah Umum dan Bedah Buku ALDERA Gerakan Politik Kaum Muda

Mantan Anggota DPRD Manggarai Dapil IV itu tidak menganggap pertarungan menuju ke pusat. Baginya bergerak menuju senayan memiliki dua konsekuensi yakni positif dan negatif.

“Maju ke Senayan ini memiliki dua konsekuensi yaitu positif dan negatif positifnya jumlah calon sedikit peluangnya besar. Negatifnya mungkin karena wilayah cakupan yang terlalu luas,” katanya.

Meski dengan cakupan wilayah daerah pemilihan luas kader partai bisa bekerja dengan muda. Sebab Partai memiliki 6 calon yang berada di beberapa Kabupaten.

“Nah 6 calon ini bekerja secara all out untuk menjangkau seluruh wilayah daerah pemilihan. Sehingga pada saatnya bisa merebut hati masyarakat untuk bisa memilih calon-calon dari Partai Hanura untuk bisa menang,” bebernya.

Khusus di NTT, Partai Hanura mempunyai wakil rakyat (DPRD) di setiap daerah kabupaten.  Kekuatan Hanura berada pada kader tersebut. Di NTT Partai Hanura memiliki 59 anggota dewan. 54 anggota dewan berada di kabupaten dan kota. Sementara di Provinsi sebanyak 5 orang.

“Di samping itu pengurus dari setiap tingkatan mulai dari Provinsi, Kabupaten Kecamatan bahkan tingkat Desa sudah terbentuk. Maka bukan tidak mungkin kalau itu semua bekerja secara all out, peluang kita untuk mendapatkan kursi sudah ada. Ya Kami yakin bahwa kami juga bisa memenangkan pertarungan di 2024 ini,” katanya.

Seperti diketahui Ir. Ben Isidorus,MM memiliki pengalaman politik yang sangat baik dalam Pileg. Pasalnya, usai melakukan pensiun dini dan maju Pileg Kabupaten Manggarai pada tahun 2014 ia langsung menang. Periode berikutnya, pada Pileg 2019 ia bertarung menuju Provinsi.

Pengalaman tersebut menjadi dorongan tersendiri hingga membuat ia berani mengambil langkah dan tantangan yang lebih besar.  Ia kemudian berharap, masyarakat Dapil NTT mendukung perjuangannya tersebut.

“Kami mengharapkan konstituen dan simpatisan dan juga yang ada di lapangan dapat memilih dengan hati. Bukan karena hal-hal lain. Pilihlah dengan benar. Pilihlah dengan hati supaya DPR yang terpilih dari Dapil NTT 1 nanti betul-betul berjuang untuk kepentingan rakyat NTT, khususnya di Dapil NTT 1,” pungkasnya. (*)