Bisnis  

Bank NTT Resmikan ATM bagi Disabilitas dan Layanan CRM yang Beroperasi 24 Jam

Galery ATM disabilitas dan layanan CRM 24 jam terletak di Kantor Pusat Bank NTT di Jl. Brigjen TNI Iman Budiman, Kota Kupang.

Peresmian Galery ATM dan ATM Disabilitas di Kantor Pusat Bank NTT. (Foto: Ama Beding)

Kupang, KN – PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur (NTT) meresmikan ATM bagi penyandang disabilitas, dan layanan CRM yang beroperasi 24 jam.

Galery ATM disabilitas dan layanan CRM 24 jam yang terletak di Kantor Pusat Bank NTT di Jl. Brigjen TNI Iman Budiman, Kota Kupang ini, diresmikan pada Jumat 30 Desember 2022.

Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho mengatakan, kehadiran Galery ATM disabilitas dan layanan CRM akan memudahkan nasabah melakukan tarik dan setor tunai, karena akan beroperasi 24 jam.

“Bagi masyarakat yang ingin membayar pajak, atau transaksi lainnya bisa memanfaatkan CRM dan ATM ini untuk layanan 24 jam,” kata Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho dalam sambutannya.

Ke depan, Bank NTT berharap bisa bekerja sama dengan Pemkot Kupang dalam hal pengelolaan lahan parkir, karena dapat mendatangkan pendapatan asli daerah yang sangat besar.

“Kota Kupang sebenarnya punya potensi PAD yang sangat besar dengan cara-cara yang tepat dan teknologi yang memadai. Bank NTT siap menjadi mitra utama,” tegasnya.

Di samping itu, Bank NTT terus berkontribusi terhadap pembangunan, termasuk memperhatikan kaum disabilitas di NTT.

Selama ini, Bank NTT selalu melibatkan kaum disabilitas dalam setiap kegiatan, baik dalam lomba-lomba inklusi keuangan melalui program Ramai Skali, maupun pemberdayaan ekonomi melalui UMKM.

“Di bidang UMKM, kita punya debitur-debitur disabilitas yang sudah kita fasilitasi untuk masuk ke marketplace maupun market yang masih offline,” kata Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho dalam sambutannya.

Di penghujung tahun 2022, ia mengajak seluruh insan Bank NTT untuk terus bekerja dan memiliki tekad yang sama, mewujudkan moto Bank NTT yakni melayani lebih sungguh.

“Mudah-mudahan di tahun 2023, kita semakin memahami apa yang diinginkan oleh masyarakat, pemerintah, regulator, dan berbagai pihak. Dengan begitu, kita mampu mewujudkan moto Bank NTT Melayani Lebih Sungguh,” pinta Dirut Alex Riwu Kaho.

BACA JUGA:  Pasca Launching Bank Devisa, Bank NTT Atambua Jalin Kerja Sama Dengan Pebisnis Indonesia dan RDTL

Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh mengatakan, Bank NTT adalah bank yang di berkati oleh Tuhan. “Yang dilakukan Bank NTT ini, memiliki potensi yang luar biasa dan kita bisa menolong banyak orang yang membutuhkan terutama kaum dissabilitas,” sebutnya.

Ia mengaku kagum dengan keberanian Bank NTT melakukan berbagai gebrakan yang dirasakan oleh seluruh masyarakat NTT. “Ini butuh keberanian kalau tidak dengan keberanian kita tidak mungkin berbuat hal-hal besar. Karena orang-orang berani saja yang memiliki keberanian untuk memutuskan dengan prinsip untuk rakyat kita maju, dan itu Bank NTT buktikan,” ujar George Hadjoh.

Penjabat Wali Kota juga memberikan apresiasi kepada Bank NTT yang membangun networking dan jaringan dengan seluruh lembaga perbankan terutama dengan OJK dan Bank Indonesia. “Networking yang dibangun oleh Bank NTT sekarang menjadi inspirasi dan juga tantangan bagi bank-bank yang ada di Kota Kupang. Bank NTT menjadi lokomotif penggerak ekonomi Nusa tenggara timur khususnya Kota Kupang,” ujarnya. 

Kepala Deputi Bank Indonesia Perwakilan NTT Daniel Agus Prasetyo mengatakan, dengan adanya ATM disabilitas dan CRM akan meningkatkan akses masyarakat terhadap uang tunai.

“Kami bersyukur dan apresiasi kepada Bank NTT yang membangun Galery ATM ini lebih dekat dengan masyarakat. Ini memberikan kesempatan yang sama dengan kaum disabilitas. Apalagi ada ATM CRM, maka masyarakat tidak usah tabung uang di bawah bantal, tapi bisa langsung dihantar dan langsung ditabung,” tandasnya. (*)