Beri Kuliah Umum di Unwira Kupang, AHY Singgung Isu Demokrasi Hingga Ekonomi Bangsa

AHY tiba di Kampus Unwira sekira pukul 15:30 WITA, didampingi istri tercinta Annisa Pohan.

Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan kuliah umum di Unwira Kupang. (Foto: Ama Beding)

Kupang, KN – Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan kuliah umum di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Selasa 6 Desember 2022.

AHY tiba di Kampus Unwira sekira pukul 15:30 WITA, didampingi istri tercinta Annisa Pohan, anggota DPR RI Komisi III Benny Kabur Harman, Anggota DPR RI Komisi X Anita Jacoba Gah, Anggota DPRD NTT Leo Lelo dan jajaran pengurus Partai Demokrat.

Kuliah umum yang dilaksanakan di Aula Sta. Immaculata ini dihadiri oleh Rektor Unwira P. Dr. Philipus Tule, SVD beserta mahasiswa dan mengusung topik “Mempersiapkan Generasi Unggul Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Saat menyampaikan kuliah umum, Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjelaskan kondisi ekonomi bangsa yang sedang terjadi inflasi, daya beli melemah, dan UMKM sedang terpukul.

“Indonesia ini 90 persen tenaga kerja terserap ke dapan sektor UMKM terpukul akibat ekonomi yang sedang tumbuh tidak stabil,” ujar AHY.

Pada kesempatan yang sama, AHY menyampaikan saat ini telah terjadi kemunduran demokrasi karena terjadi politik uang, politik identitas dan politik fitnah.

Ia mengajak segenap civitas akademika Unwira Kupang untuk mencegah eksploitasi politik identitas, karena politik identitas hanya akan memecah bela bangsa.

BACA JUGA:  HUT ke-11 Partai NasDem, Kader di NTT Bersatu Menangkan Pesta Demokrasi

“Saya ingin menjadi yang tedepan untuk terus mengatakan mari kita cegah bersama terjadinya politik identitas, politik pembelahan, atau politik polarisasi,” tegas AHY.

Sementara Rektor Unwira P. Dr. Philipus Tule, SVD menyampaikan selamat datang kepada Direktur Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono dan rombongan di Kampus Unwira Kupang.

“Saya menyampaikan selamat datang kepada Bapak Agus Harimurti Yudhoyono dan rombongan di kampus Unwira. Unwira merupakan sebuah Perguruan Tinggi Swasta yang sudah berusia 40 tahun,” ujar Philipus Tule. 

Pater Rektor menjelaskan, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang memiliki 7 Fakultas, 21 Program Studi, 250 dosen, 165 mahasiswa, dan lebih dari 7.800 mahasiswa.

“Kami punya misi untuk menjadikan lembaga ini komunitas ilmiah yang kreatif dan inovatif berdasarkan nilai-nilai kristiani, berwawasan global, tapi tetap berakar pada budaya lokal,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Pater Rektor Unwira Kupang menyampaikan terima kasih atas kesediaan AHY menjadi narasumber bagi segenap civitas akademika Universitas Widya Mandira Kupang.

Sesuai jadwal, besok Rabu 7 Desember 2022, AHY akan melantik seluruh Ketua DPC se-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di GOR Oepoi, Kota Kupang. (*)