Sikka  

Gubernur NTT dan Anggota DPR RI Tinjau Rest Area Berbasis Agro Wisata di Sikka

Rest area berbasis agro wisata ini bakal dibangun di Bendungan Nebe di Desa Nebe, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka.

Gubernur NTT dan Anggota DPR RI Tinjau Rest Area Berbasis Agro Wisata di Sikka. (Foto: Biro Adpim NTT)

Maumere, KN – Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Anggota DPR RI Komisi IV Julie Sutrisno Laiskodat meninjau lokasi pembangunan rest area di Sikka, Minggu 11 September 2022.

Rest area berbasis agro wisata ini bakal dibangun di Bendungan Nebe di Desa Nebe, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka.

Desa Nebe memiliki letak yang sangat stategis sebagai tempat persinggahan bagi pengguna jalan Nasional antara Kabupaten Sikka dan Flores Timur.

Tempat ini dapat dijadikan Rest Area dengan konsep Agro wisata karena terdapat beberapa lokasi yang mendukung sebagai Desa Wisata.

Dilansir dari Siaran Pers Biro Adpim NTT, Martinus Mustari Ipir selaku penjabat Kepala Desa Nebe mengatakan, lokasi di sekitar Bendungan Nebe, nantinya akan dijadikan rest area dan lokus pemberdayaan ekonomi masyarakat di bidang pariwisata.

“Rest area direncanakan di bendungan Nebe ini nantinya memiliki lima klaster yang terintegrasi yaitu klaster kuliner, industri kreatif, industri agro, wisata dan seni budaya kearifan lokal. Diharapkan kedepannya desa wisata ini juga memiliki digitalisasi perbankan bekerjasama dengan Bank NTT selaku bank daerah NTT,” jelasnya.

Gubernur VBL yang berkesempatan meninjau secara langsung bendungan dan beberapa lokasi yang nantinya akan menjadi unggulan dan memiliki nilai manfaat pada sektor pariwisata, memberikan apresiasi atas ide-ide kreatif yang digagas oleh Pemdes setempat.

BACA JUGA:  HMPS IPM Unwira Gelar Seminar Hari Kartini, Dihadiri Ketua DPRD NTT Emi Nomleni

“Terimakasih atas ide dan rancangan yang telah disampaikan, dan diharapkan segera direalisasikan silahkan berdiskusi bersama pihak pemerintah daerah dan bank NTT untuk proses selanjutnya, tentunya perencanaan harus matang tidak boleh setengah-setengah dan harus selesai,” kata Gubernur VBL.

Ia berpesan agar pemerintah desa setempat mencari arsitek yang baik dan bertanggung jawab untuk pembangunan rest area tersebut.

Gubernur juga berpesan agar lokasi tersebut dibangun lahan parkir di bagian atas dan di bawah dibangun taman sehingga terlihat lebih asri.

“Gagasan yang bagus harus menghasilkan sesuatu yang bagus dan memberikan nilai manfaat bagi masyarakat setempat, semangat seperti inilah yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat yang maju,” imbuh Gubernur Viktor.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut pimpinan OPD Provinsi, para Staf Khusus Gubernur, Anggota DPRD Provinsi dan segenap masyarakat Dese Nebe Kecamatan Talibura.

Kemudian Gubernur juga mengikuti HLM TPID di Kantor Bupati Sikka serta kemudian melakukan panen simbolis tanaman Hortikultura di Kantor Bupati Sikka dan penanaman Hortikultura di Keuskupan Agung Maumere. (*)