Bisnis  

Bank NTT Borong Salurkan Kredit Merdeka Senilai Rp1,08 Miliar untuk 135 Debitur

Kredit Mikro Merdeka merupakan terobosan yang luar biasa yang dilakukan oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho.

Penyerahan Kredit Mikro Merdeka Bank NTT diserahkan secara simbolis oleh Staf Khusus Gubernur NTT Bidang Politik, Dr. Immanuel Blegur dan Direktur Kredit Bank NTT Paulus Steven Messakh kepada para pelaku UMKM. (Foto: Selatan Indonesia)

Borong, KN – Bank NTT Cabang Borong, Kabupaten Manggarai Timur berhasil menyalurkan Kredit Mikro Merdeka senilai Rp1.058.000.000.

Dalam kunjungan kerja Gubernur ke Borong, Manggarat Timur, Bank NTT pun menyerahkan secara simbolis Kredit Mikro Merdeka kepada pelaku usaha di daerah tersebut.

Kredit Mikro Merdeka Bank NTT diserahkan secara simbolis oleh Staf Khusus Gubernur NTT Bidang Politik, Dr. Immanuel Blegur dan Direktur Kredit Bank NTT Paulus Steven Messakh kepada para pelaku UMKM.

Momen istimewa itu disaksikan oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Dirut Bank NTT Harry Aleksander Riwu Kaho dan Bupati Manggarai Timur Andereas Agas di Lapangan Compang Ndejing, Kecamatan Borong, Kabupaten Matim, Sabtu 16 April 2022.

Kredit Mikro Merdeka merupakan terobosan yang luar biasa yang dilakukan oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho demi membangkitkan semangat dan harapan agar perekonomian masyarakat NTT menjadi lebih baik.

Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho mengatakan, Kredit Mikro Merdeka Bank NTT bertujuan untuk membebaskan masyarakat dari belenggu
rentenir.

BACA JUGA:  BI Bantah Bekukan Produk Digital Bank NTT, Dorong Nasabah Tetap Pakai B'Pung Mobile

“Pemerintah Provinsi NTT bersama OJK Provinsi NTT dan Bank NTT mendesain suatu skema pembiayaan yang diberi nama Kredit Mikro Merdeka, Merdeka dari Bunga, Merdeka dari Agunan dan Merdeka dari Rentenir, sehingga memudahkan para pelaku usaha mikro dalam memperoleh permodalan dengan Mudah, Murah dan Cepat,” kata Dirut Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho seperti dikutip dari Siaran Pers yang diterima media ini, Senin 18 April 2022.

Ia menjelaskan, plafond kredit merdeka dapat di nikmati secara bertahap maksimal Rp5.000.000, dan selanjutnya demi peningkatan kapasitas usaha dapat melakukan pinjaman sampai dengan plafond Rp10.000.000.

Saat ini, total penyaluran Kredit Mikro Merdeka secara terkonsolidasi pada 23 Kantor Cabang Bank NTT sebesar Rp14.091.012.500 kepada 2.566 pelaku usaha.
Sementara total penyaluran Kredit Mikro Merdeka pada Bank NTT Kantor Cabang Borong adalah sebesar Rp1.058.000.000. Kredit itu disalurkan untuk135 debitur atau pelaku usaha. (*)