Bisnis  

Bank NTT Larantuka Salurkan Kredit Mikro Merdeka untuk 147 Pelaku Usaha

Penyerahan fasilitas Kredit Mikro Merdeka dilaksanakan bersamaan dengan penyerahan tabungan SIMPEL atau Simpanan Pelajar kepada 30 siswa SMA Hendrikus Leven Larantuka.

Penyerahan Kredit Mikro Merdeka (Foto: Istimewa)

Larantuka, KN – PT. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (Bank NTT) menyerahkan fasilitas Kredit Mikro Merdeka kepada 10 pelaku UMKM di Kabupaten Flores Timur.

Penyerahan fasilitas Kredit Mikro Merdeka dilaksanakan bersamaan dengan penyerahan tabungan SIMPEL atau Simpanan Pelajar kepada 30 siswa dan siswi SMA Hendrikus Leven Larantuka.

Staf khusus Gubernur NTT Prof. Kameo dan Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho menyerahkan langsung Kredit Mikro Merdeka dan Tabungan SimPel dalam Kunker Gubernur pada Sabtu 9 April 2022.

Kredit Mikro Merdeka merupakan skim kredit yang digagas oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Dirut Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk pemberdayaan pelaku UMKM.

Khusus untuk Kantor Cabang Bank NTT Larantuka, jumlah dana yang dikucurkan adalah sebesar Rp817.400.000 kepada 147 pelaku usaha.

Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho mengatakan, total penyaluran Kredit Mikro Merdeka secara terkonsolidasi pada 23 Kantor Cabang Bank NTT sebesar Rp14.091.012.500.

BACA JUGA:  Apresiasi Kinerja Polda NTT, Adhitya Minta Publik Tetap Kawal Perkara Penkase

“Kredit Mikro Merdeka disalurkan untuk 2.566 pelaku usaha di seluruh Nusa Tenggara Timur,” kata Dirut Alex Riwu Kaho kepada wartawan di Larantuka, Sabtu 9 April 2022.

Pada kesempatan yang sama, Dirut Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho menjelaskan, Bank NTT juga terlibat langsung dalam proses edukasi dan literasi keuangan sejak dini.

Karena itu, Bank NTT menyerahkan Tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) Bank NTT, yaitu Tabungan yang didesain khusus untuk kalangan pelajar.

Tabungan pelajar SIMPEL dicetuskan oleh pemerintah dan dijalankan oleh Otoritas Jasa Keuangan memiliki beragam manfaat bagi para siswa dan siswi.

Dengan memiliki tabungan SIMPEL memberikan pengalaman belajar untuk membangun budaya gemar menabung dan melatih mengelola keuangan sejak dini.

“Menabung di Bank NTT merupakan partisipasi nyata membangun Nusa Tenggara Timur. Bank NTT Melayani Lebih Sungguh,” tandas Dirut Alex Riwu Kaho. (Humas Bank NTT/AB)