DPD PAN Manggarai Siap Gelar Vaksinasi Masal Targetkan 1000 Warga

Jajaran pengurus PAN Manggarai (Foto: Yhono Hande)

Ruteng, KN – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur akan melaksanakan vaksinas masal bagi 1.000 masyarakat, yang berdomisili di lima desa, tersebar di Kabupaten Manggarai.

Sekretaris DPD PAN Manggarai, Ebert Ganggut, mengatakan, giat vaksinasi yang dilaksanakan merupakan bentuk perhatian partai untuk membantu pemerintah dalam upaya menekan penyebaran COVID-19 yang kian meningkat.

“Ini kepedulian PAN kepada masyarakat ditengah pandemi. Partai PAN merasa perlu hadir untuk membantu memberikan herd immunity, sehingga masyarakat bisa terlindungi dari ancaman virus,” ujar Ganggut kepada wartawan, Senin Desember 2021.

Menurutnya, jenis vaksin yang akan digunakan adalah Sinovac. Saat ini, kata dia, tingkat partisipasi masyarakat dalam menekan penyebaran pandemi COVID-19 sangat kurang. Sehingga partai mendorong program pemerintah, salah satunya penanganan COVID.

“Kalau tidak salah, untuk sementara, Kabupaten Manggarai di posisi 65 persen yang tertangani vaksin. Sehingga partai dorong program-program pemerintah, salah satunya menangani COVID,” jelasnya.

Untuk proses vaksinasi, pihak partai telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, baik Pemerintah Kabupaten Manggarai, lembaga Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) setempat, serta Dinas Kesehatan.

“Sejauh ini persiapan kami lumayan matang. Karena kami sudah koordinasi dengan bupati, melalui surat pemberitahuan, dengan tembusan kepada Wakil Bupati Manggarai, DPRD dan Dinkes,” ungkap Ganggut.

Dia menjelaskan, melalui Ahmad Yohan, selaku perwakilan dapil I fraksi Partai PAN, ia mendorong agar mendapatkan 10 ribu dosisi vaksin yang akan dibagikan kepada 10 Kabupaten/Kota di NTT, termasuk Kabulaten Manggarai.

“Kebetulan pada tanggal 5 November kemarin kami dapat surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk memeprcepat vaksinasi di NTT, khususnya di Kabupaten Manggarrai. Dan dari 10 ribu dosis vaksin, kami dapat 1000 dosis,” terangnya.

Proses vaksinasi sendiri akan dilaksanakan sejak tanggal 16-21 Desember 2021 di lima Kecamatan berdasarkan Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing anggota DPRD.

BACA JUGA:  Listrik Padam, Layanan Kesehatan di RSUD Ben Mboi Ruteng Tidak Maksimal

“Kurang lebih 5 desa dan 1 desa itu 200 orang calon vaksin, kemudian kegiatan kami dimulai dari Kecamatan Lelak, Desa Ketang dan kita mulai tanggal 16, 17 ke Cibal, Desa Welu, 18 ke Satar Mese Barat (Desa Hilihintir), 20 di Langke Rembong tepatnya di kelurahan Karot dan Tadong dan terakhir tanggal 21 di Rahong Desa Bu’ar,” jelasnya.

Ganggut meminta masyarakat agar tetap menjaga imunitas tubuh melalui vaksinasi yang akan diselenggarakan oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Karena tidak ada solusi lain untuk menangani COVID, selain vaksinasi.

“Segingga solusi secara medis itu kita lakukan supaya masyarakat memiliki animo yang besar dan sadar untuk bisa dapat vaksin karena tidak ada solusi lain untuk menangani pandemi ini kecuali vaksin,” harapnya.

Dengan demikian, pasca penanganan vaksinasi yang dilakukan Partai PAN bagi masyarakat Kabupaten Manggarai, partai PAN berharap agar posisi 65 persen masyarakat Manggarai yang sudah divaksin, dan sisa 35 persen dapat segera ditangani.

“Sehingga, paling tidak, pada tahun 2022 mendatang, kita sudah zero. Artinya masyarakat Manggarai harus sudah di vaksin semua. Dan ini sangat penting,” ujar Ganggut.

Selain itu, DPD Partai PAN juga menyampaikan terima kasih kepada media yang sudah memebrikan informasi kepada masyarakat, terkait vaksinasi yang akan dilaksanakan Partai PAN.

“Terima kasih kepada media karena melalui media kita bisa memberikan informasi kepada masyarakat bahwa partai mengambil peran untuk mendukung program Pemda khusus dalam situasi pandemi,” tandasnya.

Untuk diketahui, bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi seputaran vaksinasi,t bisa menghubungi ke nomor +62 852-5355-6846. (*)