Malaka  

Disnakertrans Malaka Sulap Hutan Jadi Kawasan Perumahan

Pembangunan rumah di Malaka (Foto: Nofry Laka)

Betun, KN – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malaka membuat kawasan perumahan di era kepemimpinan Bupati Simon Nahak dan Wabup Kim Taolin.

Kawasan perumahan itu terletak di Trans Kapitan Meo dengan total rumah yang dibangun sebanyak 32 unit.

Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Malaka Vinsensius Babu mengatakan, pembangunan rumah mulai direalisasi pada tahun 2019 dan dilanjutkan pada 2020.

Namun dalam perjalanan terjadi refocusing sehingga pembangunan rumah ditiadakan.

Pada tahun 2021 di masa kepemimpinan Bupati Simon Nahak dan Wakil Bupati Kim Taolin, pembangunan rumah bagi warga Trans Kapitan Meo Kabupaten Malaka dilanjutkan.

Dari total 50 unit yang diusulkan, hanya 32 yang disetujui. Hal ini disebabkan oleh refocusing anggaran, dan kebutuhan penanggulangan pandemi Covid-19.

“Kita bersyukur karena pada masa pendemi pemerintah masih tetap memberi perhatian untuk pembangunan fisik berkelanjutan,” ungkap Vinsensius Babu kepada wartawan, Jumat 10 Desember 2021.

Letak kawasan itu persis berlokasi di Desa Kapitan Meo Dusun Buikoun A dan Boikun B. Pembangunan 32 unit rumah bagi warga Trans Kapitan Meo sudah selesai dikerjakan dan akan diserahkan kepada warga Trans Kapitan Meo.

BACA JUGA:  78% Penerima Bansos Telah Laporkan LPJ, Temuan BPK Dibereskan Sebelum Akhir Tahun

“Ini suatu terobosan baru,” kata Vinsensius kepada wartawan di ruang kerjanya.

Ia menyampaikan, kegiatan serah terima pertama dilakukan antara kontraktor pelaksana dan tim dari Disnakertrans Malaka telah dilaksanakan di lokasi Translok Kapitan Meo, Kamis 9 Desember 2021 dihadiri Kadis dan PPK serta kontraktor.

“Sumber dana dari dana tugas pembantuan (TP) tahun anggaran 2021. Kita senang karena pembangunan selesai dikerjakan tepat waktu dan kualitas bangunan cukup bagus dan layak dipakai,” ujar Visensius.

Selain pembangunan rumah, pihaknya juga membangun sarana air bersih dan bantuan jaminan hidup atau Jadup bagi warga Trans Kapitan Meo.

Warga yang menerima bantuan mengucapkan terima kasih kepada bapak Menteri Desa Pembanguanan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI dan Diskopnakertrans Provinsi NTT atas bantuan yang diberikan. (*)