Genjot Herd Immunity, Partai Demokrat Vaksinasi 1000 Masyarakat Manggarai

  • Bagikan
Pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Manggarai (Foto: Yhono Hande)

Ruteng, KN – Guna meningkatkan herd immunity (kekebalan kelompok) masyarakat, Partai Demokrat kembali melaksanakan vaksinasi massal.

Vaksinasi massal diberikan untuk 1000 masyarakat di dua lokasi berbeda di Kabupaten Manggarai, dan dilaksanakan serentak pada Senin 22 November 2021.

Tercatat 300 warga Desa Golo Mendo, Kecamatan Wae Rii dan 700 pelajar SMP maupun SMA St. Klaus Ruteng diberikan vaksin jenis Sinovac.

Pelaksanaan vaksinasi dalam rangka memperingati dua dekade Partai Demokrat itu, diawasi langsung oleh Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny Kabur Harman, Ketua DPC Demokrat Manggarai David Suda, serta anggota dan jajaran pengurus Partai Demokrat Manggarai.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny Kabur Harman dalam sambutannya mengatakan bahwa bencana Covid-19 sudah melanda Indonesia termasuk dunia sejak setahun yang lalu. Jutaan nyawa yang berjatuhan akibat terpapar Covid-19.

Karena itu, pemerintah tidak bekerja sendiri dalam menangani pandemi Covid-19. Semua kekuatan sosial, kekuatan politik, dan organisasi kemasyarakatan ikut ambil bagian dalam menangani Pandemi Covid-19.

“Kami sebagai partai politik dalam rangka 20 tahun usia partai ini ikut mengambil bagian dalam meringankan beban yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat, dalam bentuk memfasilitasi pelaksanaan kegiatan vaksinasi untuk masyarakat yang belum mendapatkan vaksin,” kata Wakil Ketum Partai Demokrat Benny Harman.

Menurutnya, pada prinsipnya Partai Demokrat ingin terlibat langsung dalam penyaluran vaksin dan mempercepat terciptanya kekebalan komunitas atau herd immunity.

Partai Demokrat hadir untuk membuka akses vaksinasi untuk warga, para siswa dan guru yang saat ini sedang membutuhkan vaksin.

“Kami hadir untuk membantu meringankan kesulitan yang dialami oleh para guru dan siswa di sini untuk vaksinasi,” tandasnya.

Sementara Gabriel Ganggut selaku Kepala Puskesmas Wae Mbeleng, Kecamatan Ruteng menyampaikan bahwa kegiatan itu memudahkan pihaknya untuk menyalurkan vaksin kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Polres Manggarai Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana Alam dan Karhutla

“Kami jajaran puskesmas menyadari bahwa kegiatan hari ini sangat membantu kami di Puskesmas. Selama ini kami mengalami keterbatasan logistik vaksin,” ungkapnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Partai Demokrat yang telah ikut mengambil bagian dalam proses vaksinasi di lingkungan sekolah.

“Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas keberlangsungan kegiatan hari ini karena ada orang yang menyumbangkan vaksin di sekolah. Harapan kami karena ini satu paket maka vaksinasi tahap 2 juga nanti bisa kita jalankan. Kami dari jajaran di Puskesmas siap untuk melayani hingga kekebalan komunitas bisa terwujud dengan baik,” ucapnya.

Di samping itu, ia juga menjelaskan bahwa untuk Puskesmas Wae Mbeleng presentasi vaksinasi masih sangat rendah yakni baru mencapai 28%, dan jumlah ini masih jauh dari harapan.

“Kita mengikuti target nasional sekitar 70 sampai 80 persen. Bulan Desember ini kita akan upayakan untuk kejar dan itu tergantung dari ketersediaan vaksin,” ujarnya.

Senada, Kepala Puskesmas Timung, Eduardus Jarut pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Partai Demokrat lantaran telah menyediakan dan memfasilitasi kegiatan vaksinasi tersebut.

“Keluarga besar Puskesmas Timung mengucapkan terima kasih kepada Partai Demokrat yang telah memfasilitasi kegiatan vaksinasi hari ini,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMA St Klaus Kuwu Pastor Gregorius T. Syukur mengatakan bahwa kehadiran Partai Demokrat hari ini merupakan solusi bagi kesulitan mereka selama ini dalam proses vaksinasi.

“Luar biasa ini seperti kedatangan Roh Kudus. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Benny dan Partai Demokrat yang telah memperhatikan kami di sini,” katanya.(*)

  • Bagikan
error: Content is protected !!