Sambut HUT Ke-10, DPW NasDem NTT Gelar Bakti Sosial di Pantai Warna Oesapa

  • Bagikan
Sambut HUT Ke-10, DPW NasDem NTT Gelar Bakti Sosial di Pantai Warna Oesapa / Foto: Eman Krova

Kupang, KN – Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) gelar kegiatan bakti sosial dengan membersihakan sampah plastik di Pantai Warna Oesapa, Jumat 5 November 2021.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Partai Nasdem, yang akan jatuh pada tanggal 11 November 2021 mendatang.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem NTT, Yusak Meok, mengatakan, kegiatan bakti sosial (Baksos) yang dilakukan merupakan rangkaian kegiatan di bidang lingkungan hidup, yang dilakukan secara terstruktur dari tingkat pusat, provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Dia menjelaskan, pihaknya memilih untuk melakukan pembersihan sampah plastik di Pantai Warna Oesapa, karena melihat kondisi pantai yang lumayan kotor, dan dipenuhi sampah plastik yang bertebaran di sepanjang bibir pantai.

“Kemarin kami survei, dan kebetulan Pantai Oesapa ini merupakan pantai yang lumayan kotor, sehingga hari ini kita lakukan pembersihan sampah plastik di sepanjang bibir pantai,” ujar Yusak Meok.

Menurut Yusak Meok, DPW Partai NasDem NTT akan terus lakukan survei ke pantai Namosain, Pasir Panjang dan pantai Tedis, untuk membersihkan sampah plastik, karena ketiga lokasi itu merupakan pantai yang memiliki banyak sampah plastik yang berhamburan.

“Jadi ketiga pantai itu akan menjadi sasaran kita untuk melakukan pembersihan, karena banyak sekali sampah plastiknya,” jelas Yusak Meok.

Dia menyebut, untuk mengurangi limbah sampah plastik, masyarakat wajib untuk berperan aktiv, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan cara tidak membuang sampah secara sembarangan.

“Apalagi pada musim hujan seperti sekarang. Harus hindari membuangan sampah di sembarang tempat, terutama sampah plastik, sehingga tidak merusak lingkungan dengan sampah yang berseleweran dan bertebaran dimana-mana,” tandasnya.

Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPW Nasdem NTT, Eldad M. M. Nebabu, SH, mengatakan, sampah plastik harusnya dipilah, dan dijual ke bank plastik, untuk memperdayakan masyarakat.

BACA JUGA:  Diumumkan Jam 4 Sore, Berikut Cara Cek Pengumuman Kelulusan SNMPTN 2021

“Namun karena di NTT belum ada bank plastik, sehingga dengan pembersihan sampah ini akan ditampung, dan pihak partai akan berkoordinasi dengan pemerintah untuk kedepannya harus ada bank plastik,” jelasnya.

Selain pembersihan sampah, kata dia, pihaknya memiliki sejumlah agenda kegiatan lainnya dalam menyambut semarak HUT ke-10 Partai NasDem.

“Masih ada kegiatan dalam semarak HUT Partai NasDem. Yaitu ada penanaman mangrove di pantai, penanaman 15.000 anakan pohon jangka panjang bagi petani, Ada juga pengolaan sampah, dimana harus membutuhkan bank plastik untuk mengelolahnya,” terang Eldad Nenabu.

Menurtnya, kegiatan penanaman anakan pohon jangka panjang merupakan dorongan dari Presiden RI, Joko Widodo, yang ditangkap oleh Partai NasDem untuk mengadakan kegiatan tersebut.

Dia menerangkan, kegiatan itu direncanakan untuk semua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem di seluruh Kabupaten/Kota se-NTT. Namun pada bidang lingkungan hidup di masing-masing DPD belum di kukuhkan, sehingga fokusnya masih dilakukan oleh DPW NasDem NTT.

Selain itu, lingkungan hidup DPW NasDem NTT akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dan kelompok tani, agar penanaman anakan pohon yang dilakukan dapat membantu peningkatan ekonomi bagi masyarakat.

“Karena anakan pohon yang akan ditanam, hasilnya bisa dijual seperti mangga, mente dan kelengkenng. Anakan pohon akan dibagikan. Kalau kesulitan, dari pusat akan membantu melalui kementrian lingkungan hidup untuk mengirim anakan. Karena yang kita minta itu total ada 15.000 pohon dengan pupuk 1000 ton,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan bakti sosial yang dilakukan merupakan kerja sama antara DPW Partai NasDem NTT dan DPD NasDem Kota Kupang. Sampah yang berhasil dipungut dalam kegiatan bakti sosial tersebut sebanyak 30 kantong. (*)

  • Bagikan
error: Content is protected !!