Kisah Penjual Es di Ende yang Tetap Eksis, Meski Pandemi Covid-19 Melanda

  • Bagikan
Ice Cendol Nusantara / Foto: Dimas

Ende, KN – Saat ini Covid-19 belum berakhir dan masih menjadi perbincangan baik di bumi Nusantara maupun Mancanegara.

Banyak faktor yang menjadi pengaruh di era Pandemi yaitu pada bidang ekonomi, sosial, kesehatan, dan olahraga sekalipun.

Pedagang UMKM pun terus menjalankan usahanya di tengah pandemi yang belum berakhir saat ini. Hal tersebut menjadi tantangan sendiri bagi Abdul Syukur (34) pria asal Demak, Jawa Tengah.

Orang yang biasa disapa Dul mendirikan usaha cendol bernama “Ice Cendol Nusantara” yang berada di perempatan Wirajaya. “Dul” menjalankan usaha es cendol karena terinspirasi oleh orang tuanya yang sudah mendirikan usaha tersebut terlebih dahulu.

Berwirausaha memang tidak semudah yang orang lain bayangkan. Bagaimana tidak, usaha yang didirikan pada Mei 2021 mengalami banyak sekali kendala dalam memikat konsumen, terlebih dalam keadaan Pandemi Covid-19 yang masih menghantui masyarakat Ende.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Kabupaten Ende Terima Vaksin Covid-19

“Masa-masa ini memang betul betul sulit, tapi mau bagaimana-pun juga kita harus banyak bersyukur karena masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk bertahan hidup,” kata seorang pria bernama Dul tersebut, Senin 1 November 2021.

Wirausaha tetaplah usaha yang tidak boleh berhenti di tengah jalan. Lika-liku keadaan tidak menghentikan langkah Abdul Syukur untuk meneruskan Usaha Cendol yang diteruskan dari orang tuanya. Ia ingin anak dan istrinya hidup berkecukupan.

Terkait masalah pelanggan intinya harus mengutamakan rasa cendol yang khas dan pelayanan yang maksimal. “InsyAllah usaha akan bertahan dan lancar, jangan lupa selalu sabar dan berdoa meminta rizki yang halal dari Tuhan Yang MahaEsa,” kata Abdul Syukur. (Dimas Aqshal Kuncoro Jati)

  • Bagikan
error: Content is protected !!