Bupati Thomas Minta Inspektorat Segera Audit Dana BOS di Kabupaten Lembata

Bupati Thomas, saat melantik Kepala Sekolah SMP, SD, TK/PAUD di Aula Kantor Bupati Lembata, Senin 1 November 2021 / Foto: Pkp Lembata

Lewoleba, KN – Inspektorat Kabupaten Lembata, diminta segera melakukan audit terhadap seluruh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), yang ada di seluruh sekolah di wilayah Kabupaten Lembata.

Bupati Kabupaten Lembata, Thomas Ola Langoday, mengatakan, berdasarkan informasi yang beredar, ada penyalahgunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Terhadap ramainya informasi penyalahgunaan dana BOS, saya perintahkan Inspektorat Kabupaten Lembata untuk melakukan audit keuangan di semua sekolah,” ujar Bupati Thomas, saat melantik Kepala Sekolah SMP, SD, TK/PAUD di Aula Kantor Bupati Lembata, Senin 1 November 2021.

Menurut Bupati Thomas Ola, kepala sekolah harus bekerja dengan integritas tinggi, dengan landasan yang bersih. Sehingga seluruh sekolah di Kabupaten Lembata harus di audit dulu oleh Inspektorat.

“Penggunaan dana BOS, dana DAK dan dana Komite harus diaudit. Supaya yang kita lantik hari ini, suatu saat tidak berurusan dengan Aparat Penegak Hukum (APH). Karena kita butuh kepala sekolah dengan integritas tinggi, jujur, tanggung jawab dan peduli lingkungan,” tegasnya.

BACA JUGA:  Diisukan Jadi Cabup Lembata, De Rosari: Saya Anggota DPRD, Pilkada Masih Jauh

Dia menyebut, informasi yang beredar luas ditengah masyarakat terkait pengalahgunaan dana BOS sangat mencoreng wajah pendidikan di Kabupaten Lembata, karena kepala sekolah menggunakan dana BOS dengan seenaknya tanpa melihat regulasi.

“Berita akhir-akhir ini sangat tidak enak. Kepala sekolah menggunakan dana BOS, dana Komite, dan DAK seenaknya. Sehingga kepala sekolah yang baru dilantik harus mampu menjadi sapu untuk membersihkan sekolah dari segala bentuk kotoran, termasuk korupsi,” tandasnya. (Pkp Lembata)