Listrik Padam, Layanan Kesehatan di RSUD Ben Mboi Ruteng Tidak Maksimal

  • Bagikan
Listrik padam di RSUD Ben Mboi Ruteng / Foto: Yhono Hande

Ruteng, KN – Gangguan listrik yang terjadi di RSUD Ben Mboi Ruteng sangat mempengaruhi layanan kesehatan bagi masyarakat di rumah sakit milik Daerah Kabupaten Manggarai itu.

Mesin genset yang digunakan untuk menyuplai listrik mendadak mati, sehingga pelayanan kesehatan di RSUD Ben Mboi Ruteng tidak berjalan maksimal.

Pantauan media Rabu 13 Oktober 2021, seluruh ruangan tampak gelap gulita. Tim medis yang sedang bertugas pun terpaksa menggunakan senter handphone untuk melayani pasien.

Ursula Anur, salah satu keluarga pasien mengaku prihatin melihat kondisi rumah sakit yang tengah mengalami kendala pada sektor penerangan.

Menurutnya, tim medis akan sangat kesulitan, jika harus melayani pasien, namun membutuhkan tenaga listrik, seperti melakukan operasi dan lain sebagainya.

“Semisal sedang dalam tindakan operasi atau pasien jantung yang membutuhkan alat pompa jantung elektrik. Bagaimana nasib para pasien ini,” ujar Anur, yang juga anggota DPRD Manggarai, yang tengah membesuk keluarganya di RSUD Ben Mboi Ruteng.

Dia menegaskan, pihak rumah sakit harus secepatnya mengatasi kondisi tersebut, sehingga pelayanan di RSUD Ben Mboi Ruteng dapat kembali normal, untuk melayani para pasien.

BACA JUGA:  Warga Ende Pertanyakan Mekanisme Perekrutan Tenaga Kerja pada PT. PCN

“Harus cepat diatasi supaya tidak ada cerita bahwa ada korban jiwa yang muncul oleh karena kendala listrik. Pemadaman seperti ini kan pernah terjadi sebelumnya. Lalu dimana Pemda Manggarai? Mengapa tidak memikirkan secara serius,” tegasnya.

Pihak rumah sakit pun belum berhasil dihubungi, terkait masalah pemadaman listrik yang terjadi di RSUD Ben Mobi Ruteng.

Sementara Humas RSUD Ben Mboi Ruteng, Laurentius Guntur mengatakan, pemadaman listrik disebabkan terbakarnya kabel gardu PLN yang menyuplai daya ke rumah sakit, karena kualitas kabel sudah menurun, dan beban listrik RS yang kian meningkat.

“Tetapi sudah dilakukan perbaikan sementara, dab besok akan dilanjutkan dengan menggantikan kabel tersebut,” jelasnya.

Dia juga menginformasikan kepada masyarakat Kabupaten Manggarai, pihaknya akan melakukan upgrade tegangan listrik ke tegangan menengah selama beberapa minggukedepan.

“Sehingga akan dilakukan pemadaman secara bergilir di setiap unit layanan,” tandasnya. (*)

  • Bagikan