Launching Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Ini Pesan Ketua IBI Cabang Manggarai

  • Bagikan
Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Manggarai Maria Yasinta Aso saat memberikan keterangan Pers kepada wartawan / Foto: Yhono Hande

Ruteng, KN – Pemerintah Kabupaten Manggarai resmi melauncing program vaksinasi terhadap 2.825 ibu hamil dan 3.776 ibu menyusui yang tersebar di wilayah Kabupaten Manggarai, NTT.

Vaksinasi tersebut berlangsung sukses berkat kerja sama antara Pemkab Manggarai, TP PKK Kabupaten Manggarai, IBI Cabang Manggarai, dan POGI Cabang Manggarai.

Kegiatan vaksinasi ini disambut baik dan penuh kegembiraan oleh Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut yang hadir di Gedung Aula Asumpta Ruteng, Selasa 14 September 2021 pagi.

“Ada orang yang mungkin merasa cemas atau merasa takut itu tidak penting, karena sudah dikaji secara akademik yang lagi hamil terutama tidak bermasalah, dalam posisi usia kehamilan 12 sampai 33 minggu itu tidak menjadi masalah,” ungkap Heri Ngabut dalam sambutanya.

Menurutnya, salah satu cara yang strategis untuk menekan angka kematian karena COVID adalah melalui vaksinas. Namun masyarakat di rumah masing-masing juga harus tetap patuh dan taat terhadap protokoler kesehatan.

Heri Ngabut juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk intervensi kemanusiaan dari pemerintah pusat melalui Pemkab Manggarai terhadap ibu hamil dan ibu menyusui.

“Target kita hari ini mencapai angka 1000 lebih, dan tentu harapan ke depan kalau stok masih ada maka segera kita habiskan. Kemudian kita akan mengajukan permintaan baru dari pemerintah pusat untuk sekali lagi dan seterusnya, supaya ibu hamil dan ibu menyusui bisa terlayani dengan baik terutama dalam hal vaksinasi COVID-19” ujar Heri Ngabut.

Sementara Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Manggarai Maria Yasinta Aso mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan vaksinasi awal yang dilaunching dan ditargetkan untuk ibu hamil dan menyusui.

BACA JUGA:  Simak Penjelasan Kadis PMD Manggarai Soal Pilkades Serentak Tahun Ini

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan launching vaksinasi bagi ibu hamil dan ibu menyusui di wilayah Kabupaten Manggarai. Sasarannya untuk ibu hamil ada 2.825 orang tersebar di 12 Kecamatan dan ibu menyusui ada 3.776 orang, juga tersebar di 12 Kecamatan,” jelas Yasinta.

Menurutnya, untuk hari ini ada sekitar 425 orang ibu hamil (usia kehamilan mulai dari 14-33 minggu), dan 1.166 ibu menyusui yang berasal dari Kecamatan langke rembong dan sekitarnya. Vaksin yang diberikan adalah jenis sinovac. Tahap kedua akan dilaksanakan 1 bulan setelah vaksin pertama.

“Pada prinsipnya vaksinasi ini untuk melindungi ibu hamil dari COVID-19 dan juga memproteksi bayi dan janin yang di kandungnya dari COVID-19,” ungkap Yasinta.

Ia menambahkan, resiko dan tenggang waktu vaksinasi untuk ibu menyusui tidak berpengaruh terhadap proses menyusui anak.

“Tidak ditentukan berapa jam, semua ibu menyusui, proses menyusui itu seperti biasa, mereka boleh menyusui,” tegasnya.

Tidak hanya itu Yasinta juga berpesan kepada peserta vaksinasi agar tetap semangat dan tidak boleh merasa takut. Pasalnya vaksinasi tersebut merupakan upaya untuk melindungi diri dan keluarga.

“Pesan saya, tetap semangat untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Jangan pernah takut untuk divaksin karena vaksin ini akan melindungi mereka, janin, anak, keluarga juga kita semua,” tutupnya. (*)

  • Bagikan