Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2021 Hadir Lagi di NTT

Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2021 di NTT / Foto: Sary Monica Ully

Kupang, KN – Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia dengan mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

#1000StartupDigital diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada tahun 2016. #1000StartupDigital berfokus mendorong early-stage startup pada sektor agrikultur, kesehatan, pendidikan, pariwisata, logistik dan berbagai sektor lainnya.

Roadshow ini merupakan tahapan awal yang digelar guna memperkenalkan startup atau perusahaan rintisan yang dirintis untuk menyelesaikan masalah sosial melalui penciptaan teknologi yang belum pernah ada. #1000StartupDigital menawarkan pembinaan, pendampingan dan fasilitas kepada calon startup founder untuk mewujudkan ide startup mereka.

Kupang adalah kota pelaksanaan ke-17 dan tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan #1000StartupDigital di NTT. Regional Officer Kupang, Peniel Sibero dan Jacobus Loloin menargetkan untuk memberikan kesempatan kepada calon startup founder yang tidak hanya berasal dari Kota Kupang namun juga kabupaten-kabupaten di seluruh NTT, sehingga tercipta ekosistem startup digital yang lebih luas.

Dalam roadshow kali ini, Tim RO Kupang menggandeng Universitas Timor, STIKOM Uyelindo Kupang, LP3I College Kupang, Universitas Nusa Cendana, Trinity Academia, LinkAja dan Komunitas MITRA sebagai partner penggerak lokal pada Roadshow Puncak #1000StartupDigital di NTT.

Roadshow ini merupakan roadshow terbesar yang diselenggarakan di antara serangkaian roadshow yang telah lebih dulu dilaksanakan di beberapa universitas dan komunitas di NTT.

Roadshow Puncak #1000StartupDigital di NTT diselenggarakan pada hari Jumat, 23 Juli 2021, pukul 15:00 WITA via Zoom Meeting. Meskipun diadakan secara daring, tidak memadamkan semangat para calon startup founder dari Nusa Tenggara Timur yang mengikuti kegiatan ini. Ada lebih dari 650 orang yang mendaftar dan hadir di kegiatan ini baik via Zoom maupun kanal Youtube.

Roadshow diawali dengan kata sambutan dari Tim HQ #1000StartupDigital yang diwakili oleh Bapak Sonny Hendra Sudaryana, S.T., M.M.T., Koordinator Startup Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dilanjutkan dengan sambutan oleh pimpinan dan perwakilan 4 institusi pendidikan di NTT.

Yaitu dari Universitas Timor diwakili oleh Kaprodi Teknologi Informasi, Darsono Nababan, S.Kom., M.Kom, dari STIKOM Uyelindo Kupang diwakili oleh Ketua STIKOM Uyelindo Kupang, Marianus I. J. Lamabelawa, S.Kom., M.Cs, dari LP3I College Kupang diwakili oleh Branch Manager LP3I Kupang, Achmad Syahrul Zaini, S.I.Kom, dan kata sambutan terakhir dari Universitas Nusa Cendana diwakili oleh dosen Prodi Ilmu Komputer, Universitas Nusa Cendana yakni Arfan Mauko, S.T., M.Cs..

Materi yang dihadirkan dalam roadshow ini adalah “Fintech Solusi Digital” yang dipaparkan oleh DM LinkAja! NTT, Hirawan Wibisana, S.Mb. serta “Startup Sebagai Solusi” yang dipaparkan oleh Founder Pesen Air, Norman Peni.

BACA JUGA:  Listrik di Sebagian Wilayah Kota Kupang Sudah Nyala, Ini Daftarnya

Norman merupakan alumni #1000StartupDigital NTT Tahun 2020 yang berhasil meluncurkan ide bisnis startupnya. Melalui informasi dan materi-materi yang dipaparkan di roadshow ini, RO Kupang, Peniel Sibero dan Jacobus Loloin berharap dapat memantik lebih banyak startup yang terbentuk di NTT.

Dari paparan Hirawan Wibisana dan Norman Peni, diadakan sesi diskusi panel dan tanya jawab. Sesi ini mendapatkan banyak perhatian dari peserta roadshow.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan adalah seputar bagaimana mengeksekusi ide startup dan bagaimana cara menghadapi tantangan-tantangan dalam menjalankan sebuah startup.

Hirawan Wibisana menanggapi pertanyaan-pertanyaan ini dengan menyemangati pemuda NTT untuk tidak mudah menyerah dan tetap brainstorming untuk menyelesaikan persoalan serta selalu mempelajari data. Pemuda NTT juga harus memperluas koneksi dan berkolaborasi di era digital.

Mengutip Norman, kunci dalam memulai sebuah startup adalah dengan “Mulai aja dulu. Yakin dengan diri sendiri dan ide-ide gila yang kita punya.” Norman mendorong pemuda NTT untuk mengikuti tahapan pembinaan #1000StartupDigital guna menambah kapasitas diri sebagai pemuda di era digital dan menemukan potensi di dalam diri masing-masing.

Menurut Norman, peluang mendirikan startup di NTT masih sangatlah besar karena masih ada banyak permasalahan di sekitar kita yang bila mau kita telaah, dapat dipecahkan dengan solusi digital. Karena sejatinya, sesuai dengan tagline #1000StartupDigital, Indonesia Maju, mulai dari kamu.

Di akhir roadshow, Tim Regional Officer Kupang menyampaikan bahwa tahapan roadshow akan diikuti oleh Ignition, Workshop, Hacksprint, Bootcamp dan Incubation.

Tahapan-tahapan ini memberikan peserta #1000StartupDigital, akses ke mentor-mentor ternama di dunia startup, industri, akademisi dan pemerintah. Menjadi platform untuk berjejaring dan menemukan co-founder untuk startup yang akan dijalankan.

Selama mengikuti program ini, peserta dapat menggunakan fasilitas-fasilitas #1000StartupDigital secara gratis. Untuk memahami seberapa baik progress startup peserta, mentor akan memberikan feedback secara berkala dan pendampingan selama 3-6 bulan.

Peserta berhak mendapatkan akses pada materi pembekalan startup founder yang dapat diakses kapanpun dan dari manapun, tanpa dipungut biaya! Di dalam sambutannya pada Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2021 NTT, Koordinator Startup Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Sonny Hendra Sudaryana mengimbau masyarakat terutama pemuda untuk memanfaatkan program pembinaan #1000StartupDigital dengan sebaik-baiknya, dan menghubungi RO Kupang Peniel Sibero (0812-7033-5837) atau Jacobus Loloin (0821-4477-6160).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai #1000StartupDigital atau mendaftar secara langsung melalui website 1000startup digital.id. (Sari Monica Ully)