DLH Manggarai Turun Tangan Atasi Sampah di Pinggir Jalan Ruteng-Reo

Kadis DLH Kabupaten Manggarai dan staf membersihkan sampah di pinggir jalan Ruteng-Reo / Foto: Yhono Hande

Ruteng, KN – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manggarai, Kanis Nasak bersama staf dengan sigap membersihkan sampah yang berserakan di jalan rute Ruteng-Reo, pada Sabtu, 17 Juli 2021.

Kepada wartawan, Kadis DLH Manggarai Kanis Nasak mengaku kecewa, karena tingkah laku masyarakat yang semakin tidak sadar, dan selalu membuang sampah di sembarangan tempat.

“Saya juga tidak mengerti mental masyarakat. Yah, mau dibilang tidak mengerti juga salah. Karena apa? Kita di kota sekarang itu sedang gencar-gencarnya melakukan kebersihan lingkungan. Bahkan sekarang sampai di tingkat RT/RW,” ujar Kanis Nasak.

Menurutnya, satu-satunya pekerjaan yang harus dilakukan saat hari libur adalah membersihkan sampah, yang dibuang oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

Padahal, Dinas DLH Manggarai telah menyediakan tempat sampah di setiap kelurahan, namun tetap saja tidak digunakan masyarakat.

“Kemarin hal (pembersihan sampah, red) yang sama kita lakukan di KM 2. Kemudian di KM 3. Sekarang ke sini lagi di KM 5,” terangnya.

Kadis Kanis Nasak berharap agar kegiatan membersihkan sampah yang telah dilaksanakan tersebut, bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, agar tidak lagi membuang sampah di sembarang tempat.

“Pemerintah bisa simpulkan bahwa orang yang membuang sampah ini tahu dan mau atau dengan kata lain sengaja. Kecuali kalau kami tidak melayani di sumbernya. Bahkan di kota sekarang itu kita sudah ada pembagian jadwal tidak ada hari yang terlewatkan. Itu artinya bahwa kalau ada sampah ya udah simpan aja di depan rumahnya dia,” pintanya.

BACA JUGA:  Sebelum Tertembak, Yohanes Rungkas Sempat Kirim Uang untuk Sang Ibunda

Ia menambahkan, saat ini di setiap Kelurahan telah disiapkan nomor nomor HP. Sehingga jika ada masyarakat yang membuang sampah di sembarangan, bisa dilaporkan ke pemerintah dalam hal ini DLH Kabupaten Manggarai.

“Silakan dilaporkan. Peran partisipasi masyarakat juga ada di situ. Jadi jangan didiamkan. Kasihan, karena saat pemerintah serius menangani sampah, tapi masyarakat justru berperilaku seperti ini (buang sampah sembarangan,red)” ucap Kanis Nasak.

Kadis Kanis Nasak menyampaikan terima kasih kepada staf DLH Manggarai dan awak media, yang rela bergabung membersihkan sampah di lokasi tersebut.

“Secara khusus saya berterima kasih kepada teman-teman. Karena walaupun hari libur tetapi teman-teman tetap bekerja untuk membersihkan sampah,” jelasnya.

“Terima kasih juga kepada adik-adik media yang peka dengan kondisi yang ada. Kalau tidak ada informasi seperti ini, maka kami juga menganggap bahwa tidak ada tumpukan sampah di sepanjang jalan ini. Terima kasih banyak,” tutupnya. (*)