117 Pengungsi Luar Negeri di Kota Kupang Disuntik Vaksin Covid-19

Proses vaksinasi Covid-19 bagi pengungsi luar negeri di Hotel Sasando Kupang, Sabtu 19 Juni 2021 / Foto: Dok Humas Pemkot Kupang.

Kupang, KN- Pemerintah Kota Kupang memberikan dukungan penuh kepada International Organization for Migration (IOM) Indonesia yang menggagas vaksinasi bagi para pengungsi luar negeri di Kota Kupang.

Dukungan disampaikan Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man saat menghadiri kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi pengungsi luar negeri di Hotel Sasando Kupang, Sabtu 19 Juni 2021.

Menurutnya, meski berstatus sebagai pengungsi, selama ini mereka sudah menetap di Kota Kupang. Sehingga Pemerintah Kota Kupang memiliki kewajiban untuk memperhatikan mereka.

“Karena itu atas nama Pemerintah Kota Kupang, saya berterima kasih kepada IOM yang telah membantu Pemkot Kupang dalam upaya penanganan covid 19,” jelas Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man.

Ditambahkannya, untuk penanganan covid-19, Pemerintah Kota Kupang telah melakukan berbagai upaya seperti menerbitkan Peraturan Wali Kota terkait penanganan Covid-19 berskala mikro.

“Pemerintah Kota Kupang berupaya keras melakukan pencegahan penyebaran covid-19, meski masih banyak warga Kota Kupang yang belum taat. Setelah sempat menurun pada awal tahun lalu, sejak April 2021 lalu terjadi kenaikan jumlah kasus 5 hingga 15 kasus setiap hari,” jelasnya

Sementara upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Kupang, Pemkot Kupang melakukan vaksinasi bagi masyarakat Kota Kupang.

Dia menjelaskan, dengan vaksinasi yang dilakukan, diharapkan semua warga Kota Kupang, termasuk para pengungsi luar negeri mencapai herd imunity.

BACA JUGA:  Pj Wali Kota Kupang Optimis Stunting Turun Sampai 1 Digit

“Dengan kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan IOM ini diharapkan semua pengungsi luar negeri yang ada di Kota Kupang bisa divaksin,” pungkasnya.

Kepala International Organization for Migration (IOM) Indonesia, Asni Yurika menyampaikan terima kasih tas kehadiran Wakil Wali Kota dan dukungan Pemkot Kupang sebagai mitra kegiatan vaksinasi.

Menurutnya, IOM merupakan organisasi yang dipercaya untuk memfasilitasi penanganan pengungsi luar negeri, juga memberi perhatian serius terhadap penanganan Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kota Kupang.

IOM juga mengalokasikan dana yang cukup besar untuk penanganan Covid-19, terutama untuk membantu penyediaan fasilitas kesehatan rumah sakit di kota-kota yang menampung para pengungsi.

“Kegiatan ini, IOM bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan RI akan memberikan vaksin kepada 177 orang pengungsi luar negeri yang tersebar di tiga akomodasi di Kota Kupang,” tandasnya

Hadir dalam kesempatan tersebut, Koordinator Substansi Pengendalian Resiko Lingkungan dan Kesehatan Lintas Wilayah pada KKP Kemenkes RI di Kupang, Hengky Yanrez Jozua, S.KM, M.Kes bersama tim vaksinasi, perwakilan dari Rumah Detensi Imigrasi Kupang dan Perwakilan dari Polres Kupang Kota.

Turut mendampingi Wakil Wali Kota, Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang, Noce Nus Loa, SH, M.Si, Kabid Pengkajian Masalah Strategis pada Badan Kesbangpol Kota Kupang, Jeriyanto R.R.Lakusa, SH serta yang mewakili Kepala Puskesmas Oepoi, dr.Yohanes P. Lisangan. (*)

error: Content is protected !!