BPBD Manggarai Segera Salurkan Bantuan kepada Janda yang Rumahnya Rusak karena Seroja

Kepala BPBD Kabupaten Manggarai, Liber Habut saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat 11 Juni 2021/Foto: Yono Hande

Ruteng, KN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai segera menyalurkan bantuan kepada Maria Imelda Jelia (51). Janda yang rumahnya ambruk dihantam badai seroja beberapa waktu lalu.

Kepala BPBD Kabupaten Manggarai, Liber Habut mengatakan, pihaknya akan segera memberikan bantuan kepada Maria Imelda, salah satu korban badai seroja yang berdomisili di Dusun Namut, Desa Compang Namut, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT.

“Bantuan itu akan diberikan dalam waktu dekat, berupa seng 20 lembar, paku seng dan paku balok masing-masing setengah kg,” ujar Liber Habut kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat 11 Juni 2021.

Menurutnya, setiap kejadian bencana harus dipastikan terlebih dahulu jenis kerusakan yang dialami, sehingga pihaknya dapat menyiapkan anggaran sesuai kerusakan.

“Bantuan yang diberikan harus berdasarkan kajian tim investigasi. Sehingga tepat sasaran, tepat orang, dan tepat pada jenis kerusakan yang diakibatkan bencana,” terangnya.

BACA JUGA:  BPN Umumkan Hasil Inventarisasi dan Indentifikasi Pengadaan Tanah PLTP Poco Leok

Namun, kata dia, kerusakan rumah Maria Imelda Jelia bukan karena disebabkan badai siklon tropis seroja yang melanda Provinsi NTT, khususnya Kabupaten manggarai beberapa waktu lalu.

“Kerusakan itu disebabkan karena usia rumah milik Maria Imelda sudah tua. Dibuktikan dengan material kayu yang telah lapuk,” tandasnya.

Sebelumnya, atap rumah Maria Imelda Jelia (51) rusak ketika dihantam badai siklon tropis seroja beberapa waktu lalu.

Kondisi rumah tersebut, hingga sekarang belum juga diperhatikan serius oleh pemerintah Kabupaten Manggarai, maupun pemerintah Desa Compang Namut.

Kepada Koranntt.com, Maria Imelda mengakui, kalau kerusakan rumahnya diakibatkan badai seroja yang melanda Kabupaten Manggarai bulan Mei 2021 lalu.*