Air Terjun Tengku Siwa, Lukisan Tuhan di Tanah Nuca Lale

Air Terjun Tengku Siwa / Foto: Yhono Hande

Manggarai, KN – Pesona Air Terjun di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu alternatif untuk mengisi liburan di akhir pekan.

Salah satu spot Air Terjun terbaik di Kabupaten Manggarai itu bernama Tengku Siwa, yang sangat menakjubkan. Destinasi wisata alam tersebut masih tergolong perawan, bak surga yang tersembunyi di tanah Nuca Lale.

wisata Air Terjun Tengku Siwa berlokasi di Desa Nggalak, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Untuk mencapai spot wisata Air Terjun Tengku Siwa, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 2 jam perjalana dari Kota Reo, dengan medan yang cukup ekstrem.

Namun, lelah akan terobati, ketika tiba di lokasi, karena akan disuguhkan keindahan alam air terjun yang sangat memukau dipandang mata.

Tengku Siwa menyajikan formasi unik, karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai putih, yang jatuh dari ketinggian sekitar 84 meter. Sehingga lokasi itu kerap digunakan pengunjung untuk berpose.

Di sekeliling Air Terjun, tampak juga pepohonan besar yang sangat hijau dan rimbun, disertai bebatuan dan kolam yang sering digunakan para pengunjung untuk berenang sambil menikmati segarnya air.

Namun, wisata Air Terjun ini belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah setempat. Medan yang sulit membuat akses ke lokasi wisata cukup sulit untuk dijangkau.

BACA JUGA:  Hilang 2 Minggu, Seorang Suami di Manggarai Ditangkap Sedang Bersama Janda

Kepala Desa Nggalak, Konradus Dain mengatakan, sebelumnya, lokasi Air Terjun Tengku Siwa sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara.

“Setiap hari, tempat ini dikunjungi oleh puluhan, bahkan ratusan orang. Dari mereka, ada yang wisatawan lokal dan luar negeri,” ujar Konradus kepada Koranntt.com belum lama ini.

Dia menjelaskan, akses jalan menuju lokasi Tengku Siwa harus diperhatikan, guna menarik perhatian para wisatawan yang hendak berkunjung ke sana. Seharusnya tidak ada kendala bagi para pengunjung, yang melintasi jalan menuju lokasi Air Terjun.

“Selama ini juga kami sudah merencanakan untuk tempatkan APBDES 2021 untuk penggusuran jalan menuju Tengku Siwa. Ide telah disetujui Pemda Kabupaten Manggarai,” terang Kades Konradus.

Sementara seorang pengunjung, Dion Damba yang ditemui media di Air Terjun Tengku Siwa mengungkapkan bahwa, untuk mencapai lokasi wisata itu, dirinya harus melintasi kondisi jalan yang cukup ekstreme.

“Memang sulit ketika melintasi medan menuju lokasi tersebut. Namun, semuanya akan terbayar ketika kita tiba. Tempatnya eksotis dan menakjubkan,” pungkas Dion Damba.

Bagi anda yang belum merasakan keindahan air terjun Tengku Siwa, segera datang dan nikmati. Lokasinya sangat direkomendasikan untuk anda yang hobi jalan-jalan.*