Daerah  

Gubernur NTT: API Award 2020 Harus Berdampak Bagi Pariwisata NTT

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat saat menerima kunjungan dari Panitia Malam Puncak API 2020 di ruang kerjanya, Senin 17 Mei 2021 / Foto: Dok. Humas NTT

Kupang, KN – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menegaskan, ajang Anugerah Pesona Indonesia harus berdampak bagi perkembangan sektor pariwisata di NTT.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Laiskodat saat menerima kunjungan Panitia Pelaksana Malam Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020, pada hari ini, Senin, 17 Mei 2021.

“Kita harus punya hospitality dan SDM yang benar-benar berkualitas untuk bisa memajukan NTT melalui pariwisata,” ujar Viktor Laiskodat dalam siaran pers yang diterima media ini, Senin 17 Mei 2021.

Menurut Gubernur NTT, hospitality harus benar-benar bisa menjadi budaya masyarakat.

Begitu pula standarisasi kebersihan, produk kerajinan tangan,  dan atraksi seni budaya harus menarik minat para pengunjung.

“Penguasaan bahasa asing seperti bahasa Inggris harus menjadi perhatian serius kita semua. Dampak dari penguasaan Bahasa Asing secara terampil pasti membawa pariwisata NTT dapat dipromosi optimal,” jelasnya.

BACA JUGA:  Touring Merdeka Bike, HDCI Kupang Bakal Bagi Makanan Berbahan Kelor untuk Atasi Stunting di NTT

Dia melanjutkan, pariwisata NTT harus ditata kelola dengan manajemen terbaik, sehingga bisa merubah mindset manusia NTT agar lebih berkeadaban.

“Perlu diingat, bahwa Malam API Award 2020 ini baru menjadi pekerjaan minimal, pekerjaan maksmimalnya adalah pariwisata harus bisa dikembangkan menjadi industri, dan memberi dampak yang maksimal kemajuan ekonomi masyarakat NTT,” ucap Gubernur Laiskodat.

Sementara Wakil Ketua Panitia, Abed Frans menyampaikan laporan kesiapan pelaksanaan Malam API Award 2021 yang sudah mencapai lebih dari 50 persen secara fisik.

“Total tamu yang akan hadir berkisar 540 sampai dengan 560 orang. Yang sudah konfirmasi untuk hadir adalah Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly, Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, dan Menteri Kominfo, Johny Plate bersama Gubernur Riau, H. Syamsuar dan sejumlah undangan penting lainnya”, kata Frans.*