Sikka  

Jaga Kedamaian di Tengah Perbedaan

Suasana Salat Idul Fitri / Foto: Wiliam Toka

Maumere, KN – Pelaksanaan salat Ied memperingati Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021 pada Kamis 13 Mei 2021 bertempat di Masjid Darussalam Waioti berlangsung khidmat dan dilaksanakan dengan protokeler kesehatan yang ketat.

Pantauan media ini, umat muslim yang mengikuti Salat Ied di Mesjid Waioti mengikuti kegiatan itu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Tidak hanya di dalam halaman masjid, ratusan umat muslim di wilayah Kemasjidan Waioti juga memadati halaman IKIP Muhammadiyah Maumere.

Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere, H. Rodja Abdul Nasir saat ditemui media ini usai Salat Idul Fitri menyampaikan pesan kepada umat muslim yang berada di lingkup IKIP Muhammadiyah Maumere, maupun semua umat muslim yang ada di Kabupaten Sikka terkait makna kedamaian saat menjalani ibadah puasa, hingga lebaran.

Rektor H. Rodja Abdul Nasir meminta agar tetap masyarakat tetap menjaga nilai kedamaian dan toleransi di tengah perbedaan.

“Kita sudah selesai melaksanakan ibadah Ramadhan satu bulan penuh, sehingga bagaimana nilai ramadhan yang dihasilkan itu bisa membawa perubahan, untuk melaksanakan berbagai perubahan di sebelas bulan berikutnya,” ungkap Natsir Rodja.

Khusus civitas akademik IKIP Muhammadiyah Maumere, Rektor meminta agar tetap membawa perbuatan-perbuatan baik yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan untuk dilanjutkan, agar konsekuen untuk keselamatan umat dan dunia.

Kepada umat muslim yang ada di Kabupaten Sikka, dirinya berpesan agar selalu hidup rukun dan damai. “Untuk saudara-saudara saya sesama umat muslim di Kabupaten Sikka pun demikian. Perbuatan baik selama bulan Ramadhan tetap dipertahankan,” ujarnya.

BACA JUGA:  Bursa Ketua DPD PAN Sikka Semakin Panas, Philip Siap Pimpin Lima Tahun Lagi

“Jangan tinggalkan dan kembali ke hal yang tidak baik, tetapi saya mengajak mari kita mempertahankan hal yang baik demi tercapainya nian Sikka yang damai,” sambung Natsir Rodja.

Sementara dalam kotbahnya, Haji Muhammad Tato berpesan agar umat muslim selalu berbuat baik kepada siapa saja.

“Sungguh Allah tidak menyukai orang yang sombong, hanya orang-orang baik sajalah yang mau memberikan bantuan dan berbuat baik kepada orang lain. Untuk setiap kebaikan, Allah memberikan harta yang berlimpah dan memberikan pahala,” pesan H. Muhammad Tato.

Dirinya menambahkan, dengan puasa selama bulan Ramadhan, umat muslim dapat berubah menjadi hamba Allah yang dicintai-Nya dan diberikan kebahagiaan abadi di dunia dan akhirat.

“Terus memperhatikan orang-orang di sekitar kita, kehidupan bermasyarakat bagi kaum muslimin itu sangat penting,” jelasnya H. Muhammad Tato.

Ia juga berpesan agar umat muslim selalu sabar dalam menghadapi musibah seperti pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Sikka, H. Muhammad Ikhsan Wahab menyampaikan rasa syukur karena pelaksanaan Salat Idul Fitri dapat berjalan lancar dan aman.

“Mudah-mudahan kita tetap menjaga silahturahmi dan persaudaraan,” pesan Ketua MUI Kabupaten Sikka itu.
Ia berpesan kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Sikka agar melakukan silahturahmi melalui virtual, guna mencegah penyebaran Covid-19.*