Ende  

Hari Ini, PMI Cabang Ende Distribusi Bantuan kepada Korban Bencana Alam di Flotim dan Lembata

PMI cabang Ende saat menyampaikan keterangan kepada awak media, Selasa 27 April 2021 / Foto: Teja Rango

Ende, KN – Dalam rangka membantu masyarakat korban bencana alam yang terjadi di Flores Timur, dan Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Ende, akan mendistribusikan sejumlah bantuan.

Sekeretaris PMI cabang Ende, Jhon Th. Ire, mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk rasa kemanusiaan, dan kepedulian dari donatur yang ingin memberikan donasinya guna membantu sesama yang membutuhkan.

Dia menjelaskan, PMI cabang Ende telah merespons bencana tersebut dengan membuka Posko bencana sejak tanggal 6 sampai dengan 28 April 2021.

“Selanjutnya kami mengajak masyarakat Ende, berperan serta untuk mengambil bagian dalam meringankan beban penderitaan sesama saudara kita yang sedang mengalami musibah bencana alam, baik di Kabupaten Flores Timur, maupun Lembata,” ungkap Jhon Th. Ire kepada wartawan, Selasa 27 April 2021.

PMI cabang Ende dalam menghadapi bencana di Flotim dan Lembata bertindak sebagai salah satu donatur dan penyalur, yang mana sesuai dengan tugas pokoknya adalah kesiapsiagaan dan penanganan bencana.

Hal ini yang mendorong PMI cabang Ende untuk berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan tersebut.

“Bantuan yang akan kami salurkan dalam bentuk barang, dengan Rp90 Juta, dan Rp30 Juta dalam bentuk tunai akan digunakan untuk kepentingan akomodasi lainnya, serta pembelian tambahan kebutuhan lainnya yang masih dipandang perlu,” ucapnya.

BACA JUGA:  Bupati Djafar Achmad Minta Masyarakat Jangan Terprovokasi Bom Makasar

Bantuan tersebut akan didistribusi ke lokasi bencana pada tanggal 28 April 2021, oleh Ketua PMI cabang Ende, Agustinus Ngasu.

“PMI cabang Ende menyampaikan limpah terimah kasih untuk semua solidaritas yang terbangun melalui posko PMI, baik dari pihak Gereja, Masjid, Instansi Pemerintah, BUMN/ BUMD, Organisasi Profesi, Peguyuban Keluarga, Organisasi Kemasyarakatan, pihak Kampus, para wartawan, serta masyarakat yang secara perorangan yang telah mendonasikan segala sesuatu untuk membantu warga Flotim dan Lembata,” ungkap Jhon Th. Ire.

Sementara itu, Primus Batho, yang merupakan angota PMI bidang PSD, dan Komunikasi menyampaikan, bencana yang terjadi di Flores Timur dan Lembata merupakan bencana bersama, sehingga secara moril juga menjadi duka bersama.

“Kami PMI cabang Ende, dan seluruh masyarakat yang telah mendonasikan, berharap agar bantuan yang disalurkan ini, benar-benar bermanfaat bagi saudara-saudara kita, yang tertimpa musibah,” papar Primus Batho.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Adolf Wagur selaku Kepala Bidang UDD dan PSKM, dan Agustina Sina yang adalah Kepala markas PMI cabang Ende.*