Ende  

Aksi Sosial Patelki Ende, Gelar Kegiatan Donor Darah untuk Membantu Sesama

Jurnalis Koranntt.com, Teja Rango saat mewawancarai Ketua Panitia, Saferius Boji / Istimewa

Ende, KN – Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) Ende menggelar aksi sosial donor darah, yang bertepatan denga HUT ke-35 Patelki, di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Sabtu 17 April 2021.

Aksi donor darah dilakukan Patelki Ende, karena melihat ketersediaan darah di Kantor PMI dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ende sering mengalami kekurangan.

Ketua Panitia Patelki, Saferius Boji mengatakatan, ketersediaan darah di RSUD Ende, sering mengalami kekurangan stok darah, sehingga pihaknya berinisiatif melakukan kegiatan bakti sosial donor darah.

“Kita tahu kondisi tersebut, karena kami yang terlibat langsung dalam pendistribusian darah. Sering dialami pasien yang hendak mentransfusikan darah, persediaan darah habis. Sehingga pihak keluarga harus pontang panting mencari kebutuhan darah dari luar RS,” jelas Saferius kepada wartawan.

Menurutnya, aksi donor darah merupakan kegiatan rutin dan sering dilakukan oleh Patelki Ende setiap tahun, dengan melibatkan seluruh anggota Patelki.

“Mungkin tidak terekspos oleh media, sehingga kurang diketahui publik. Tetapi ini kegiatan rutin. Hari ini melibatkan teman-teman organisasi. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat yang mau mendonorkan darahnya,” ujar Saferius.

BACA JUGA:  DPRD Desak Pemkab Ende Segera Tangani Masalah Debit Air Danau Kelimutu

Dia menambahkan, target Patleki dalam melakukan donor darah adalah paling sedikit 50 kantong darah. “Tetapi itu semua tergantung kesediaan orangnya dan kondisi fisik pendonor,” tutupnya.

Sementara Ketua Patelki Ende, Mersi Woda mengatakan, kegiatan donor darah dilakukan untuk berbagi kasih kepada sesama, saudara di Kabupaten Ende, yang sedang membutuhkan transfusi darah.

Mersi juga berharap kepada masyarakat Ende agar turut terlibat dalam aksi donor darah, untuk masyarakat yang membutuhkan, sehingga ketersediaan darah tetap ada jika dibutuhkan.

“Jadi dengan mendonorkan darah, pendonor dapat mengidentifikasi penyakit di dalam tubuhnya seperti, hepatitis, spilis, dan penyakit lainya. Kita juga ingin merubah pola pikir masyarakat bahwa donor darah adalah gaya hidup,” imbuhnya.

Sekretaris PMI Ende, Jhon Th. Ire, menyampaikan terima kasih, dan berharap agar kedepannya, kegiatan donor darah yang dilakukan Patelki Ende terus dilakukan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Patelki yang telah melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa donor darah untuk pemenuhan kebutuhan darah di Kabupaten Ende ini,” pungkas Jhon Ire.*