Malam Anugerah Pesona Indonesia 2020 akan Digelar di Labuan Bajo

  • Bagikan
Anugerah Pesona Indonesia

Kupang, KN – Ajang Malam Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2020, akan digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada 9 April 2021.

Kegiatan tersebut rencananya dilaksanakan di Hotel Ayana Bay Komodo, dan melibatkan sejumlah stakeholder terkait dalam sektor pariwisata dari seluruh Indonesia.

Kepala Biro Humas Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius mengatakan, ajang Malam Anugerah Pesona Indonesia 2020 akan diselenggarakan secara virtual.

“Kita berada pada kondisi pandemi, dan kita sedang berusaha untuk meminimalisir penyebaran covid,” ujar Marius Jelamu kepada wartawan, Rabu 17 Maret 2021.

Menurut dia, pandemi Covid-19 di NTT yang belum melandai, merupakan salah satu pertimbangan alasan, acara tersebut dilaksanakan secara virtual.

Sementara itu, Ketua Panitia API 2020, Muhammad Syafaat mengatakan, API adalah ajang untuk mengangkat destinasi-destinasi baru, maupun unggulan dari setiap Provinsi maupun Kabupaten dan Kota, guna dipopulerkan kepada masyarakat luas, baik di tingkat nasional, maupun internasional.

Ajang ini melibatkan semua Pemerintah Daerah (Pemda) di seluruh Indonesia. Pemda mengusulkan destinasi-destinasi terbaik di seluruh Provinsi, Kabupaten atau Kota untuk diikutsertakan dalam ajang API 2020.

Kata Syafaat, dari ribuan destinasi yang masuk dalam ajang API 2020, telah dilakukan penjurian dan diumumkan 180 destinasi terbaik dengan 16 kategori, termasuk makanan, minuman, serta surga tersembunyi.

Kemudian pada akhir Desember 2020, telah diumumkan nominasi tiga besar, dan NTT masuk dalam 8 dari total 16 kategori.

“Jumlah nominasi yang diraih Provinsi NTT merupakan yang terbanyak, dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia,” jelas dia.

BACA JUGA:  25 Pelajar SMA di NTT Positif Covid-19, Termasuk Guru dan Pembina Asrama

Dengan perolehan ini, maka Provinsi Nusa Tenggara Timur berpotensi menjadi juara umum Anugerah Pesona Indonesia 2020 dan mengulang prestasi yang pernah diraih pada ajang API 2016 silam.

Ketua Asita NTT, Abed Frans mengatakan, Asita telah terlibat langsung dalam kegiatan promosi kekayaan pariwisata NTT.

“Kita telah melakukan promosi secara masif, sehingga NTT masuk dalam 3 besar dari 8 kategori API,” ujar Abed Frans.

Dia menyebut, 8 produk dan destinasi wisata NTT yang masuk dalam nominasi API 2020 adalah, Makanan Se’i, Tenun Ina Ndao, Fulan Fehan di Belu, Semau di Kabupaten Kupang, Liang Bua di Manggarai, Kampung Namata di Sabu Raijua, Mulut Seribu di Rote Ndao, dan Pulau Meko di Flores Timur.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Alexander B. Koroh menyampaikan, pihaknya sangat berbangga dengan prestasi yang telah diraih oleh NTT dalam ajang API 2020.

“Di sini, ada kolaborasi dan kerjasama yang baik antara internal Provinsi dan pihak Kabupaten/Kota serta Asita, sehingga NTT masuk dalam nominasi API 2020,” jelasnya.

Menurut dia, penghargaan seperti ini dapat diraih, jika semua pihak bisa berkolaborasi dengan baik.

Untuk diketahui, meski ajang Malam Anugerah Pesona Indonesia dilaksanakan secara virtual, namun sebanyak 476 hingga 700 tamu undangan diperkirakan akan hadir di Labuan Bajo.

Diharapkan, kehadiran para peserta bisa memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan pariwisata Labuan Bajo.*

  • Bagikan