Bupati Manggarai Soroti Pengelolaan Dana Desa yang Diduga Bermasalah

Hery Nabit / Yhono Hande

Ruteng, KN – Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit soroti data temuan Inspektorat Manggarai terkait penggunaan dana desa yang diduga bermasalah.

“Rencananya, saya akan menggelar koordinasi dengan pihak inspektorat untuk menindaklanjuti, bila ada temuan data dari pihak Inspektorat,” kata Bupati Hery, usai acara serah terima jabatan di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai, Senin 1 Maret 2021.

Bupati Hery menuturkan, pihaknya akan segera memanggil Kepala Badan Inspektorat Kabupaten Manggarai untuk berdiskusi terkait adanya temuan data tersebut.

“Sehingga kita akan diskusi, terkait sejauh mana hasil pemeriksaan pihak Inspektorat selama ini terkait temuan data pengelolaan anggaran dana desa itu,” jelasnya.

Namun jika dalam pemeriksaan tidak ada temuan penyalahgunaan anggaran, maka Bupati Hery berharap, agar dapat dikelola secara baik dan bertanggung jawab, sehingga dapat berdampak bagi kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:  Covid-19 Menggila, Penghasilan Tukang Ojek di Kota Ruteng Turun Drastis

Selain Dana Desa, Bupati Hery juga menyoroti sejumlah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang bermasalah di Kabupaten Manggarai

“Banyak sekali laporan bahwa sejumlah Bumdes di Kabupaten Manggarai tidak sehat (bermasalah, red), karena tidak produktif menambah Pendapatan Asli Desa (PADes),” tegas Bupati Hery.

Padahal, setiap tahun dilakukan penyertaan modal dana desa yang nilainya mencapau puluhan juta, bahkan ratusan juta setiap desa.

“Karena kita tidak miliki satu pun Bumdes yang sukses, saya mau tahun ini satu saja dulu Bumdes yang sukses, agar bisa menjadi contoh untuk Bumdes lainnya,” tandasnya.*

error: Content is protected !!