Kisah Tragis di Balik Valentine Day Setiap Tanggal 14 Februari

  • Bagikan
Happy Valentine Day / Freepik

Koranntt.com – Tanggal 14 Februari dirayakan sebagai Valentine Day atau Hari Kasih Sayang.

Banyak orang berpikir bahwa Valentine Day merupakan sebuah momen yang harus dirayakan dalam suasana romantis.

Tapi tahukah anda, bahwa di balik perayaan ini ada kisah tragis yang menjadi asal muasal peringatan Valentine Day? Simak kisahnya berikut ini…

Dikutip dari berbagai sumber, sekitar tahun 270 masehi, kekaisaran Roma dipimpin oleh penguasa tunggal yaitu Kaisar Claudius II. Ia dikenal sebagai pemimpin yang sangat kejam.

Saat itu, Kaisar Claudius II melarang tentara Roma untuk bertunangan atau menikah. Alasannya cukup klasik, yakni jika mereka berpacaran, menikah, dan memiliki keturunan, maka mereka pasti enggan untuk pergi berperang.

Aturan ini kemudian ditentang oleh Uskup Valentinus. Menurutnya, aturan yang dibuat oleh Kaisar Claudius II sangat tidak manusiawi.

Uskup Valentinus merasa kasihan dengan para tentara yang harus mengorbankan perasaan dan cinta mereka untuk memenuhi kemauan Kaisar Claudius II.

Diam-diam, Uskup Valentinus menikahkan para tentara dengan kekasih hati mereka. Ia tahu bahwa tindakannya sangat beresiko karena harus berhadapan dengan Kaisar Claudius II.

BACA JUGA:  Menikmati Eksotisme Alam Terbaik di Puncak Fatu Braun

Namun karena cinta dan belas kasih, ia berani menikahkan lebih dari 1 pasangan tentara saat itu. Uskup Valentinus menjadi pemersatu dua insan yang sebelumnya dilarang untuk saling mencintai.

Meski lambat, namun tindakan Uskup Valentinus ini diketahui oleh Kaisar Claudius II. Ia mengeluarkan perintah agar Uskup Valentinus ditangkap dan dipenjara.

Penderitaan yang dipikul oleh Uskup Valentinus ternyata tidak berhenti di penjara. Ia kemudian diseret keluar dari penjara dan harus menjalani eksekusi mati.

Berbagai sumber menyebut, Uskup Valentinus dieksekusi mati pada tanggal 14 Februari yang kemudian dirayakan sebagai Valentine Day atau Hari Kasih Sayang.

Saat dipenjara, Uskup Valentinus ternyata sempat jatuh cinta dengan anak seorang sipir atau penjaga tahanan.

Ia meninggalkan sebuah surat perpisahan yang ditujukan kepada pujaan hatinya. Isi suratnya sangat menarik dan di akhir surat itu ia menulis “From your Valentine”.

Karena jasanya memperjuangkan cinta para tentara dan pasangannya, Uskup Valentinus kemudian diangkat menjadi Santo atau orang kudus oleh gereja Katolik.

Selanjutnya tanggal 14 Februari dirayakan oleh gereja Katolik untuk memperingati Santo Valentinus. So, Happy Valentine Guys….! (AB/KN)

  • Bagikan