1 Orang Positif Covid-19 di Lelak, Manggarai Langsung Diisolasi

Ilustrasi rapid tes antigen

Ruteng, Koranntt.com – Untuk mencegah dan mengurangi penyebaran Covid-19 di Kecamatan Lelak, Puskesmas Ketang melaksanakan rapid test antigen terhadap 40 orang, pada Selasa (2/2/2021).

Mereka yang menjalani rapid tes antigen adalah tenaga kesehatan, pegawai Kecamatan Lelak, para Kepala Desa serta masyarakat biasa.

Hasil pemeriksaan kesehatan tersebut menyatakan, dari total 40 orang, 1 orang dinyatakan positif Covid-19 versi rapid tes antigen.

Kepala Puskesmas Ketang, Albertus W B Dugis, Amd.Kep mengatakan, pasien yang reaktif positif tersebut adalah Tn. YJ (58).

“Satu orang yang dinyatakan reaktif hasil rapid test adalah YJ (58) Alamat, Lenteng, Desa Bangka Dese, Kecamatan Lelak,” terang Wily.

Ia menjelaskan, pasca diketahui hasil pemeriksaannya positif, pasien tersebut diminta untuk langsung menjalani karantina mandiri.

BACA JUGA:  Mahasiswa Teologi Unika Ruteng Ikuti Pembekalan Fasilitator Katakese

“Dia (YJ) langsung dikarantina mandiri. Sedangkan keluarga yang sudah kontak erat dengannya sudah dirapid semua juga pada hari selasa dan hasilnya negatif,” katanya.

Sebelumnya, kata Wily, ada beberapa Nakes dan kelurganya di Puskesmas Ketang yang sudah menjalani rapid test, hasilnya positif, namun usai dikarantina dan mendapatkan perawatan, hasilnya kembali negatif.

“Yang menjalani karantina ada 7 orang. Tapi setelah dikarantina dan diobati selama 14 hari hasilnya sudah negatif atau sembuh,” ucapnya.

Wily juga berharap agar masyarakat tetap waspada dan tetap mematuhi prokes. “Harapannya semua masyarakat tetap waspada dengan mengikuti aturan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun, serta kurangi berkumpul,” tandasnya. (YH/AB/KN)