Akibat Hujan Lebat, SMP Negeri 5 Ndoso di Mabar Nyaris Dihantam Longsor

Gedung SMPN 5 Ndoso nyaris dihantam longsor

Kupang, Hujan lebat mengguyur wilayah Kabupaten Manggarai Barat sejak Rabu, 27 Januari 2021, kemarin hingga Kamis (28/01/2021) pagi.

Hujan sepanjang malam itu menyebabkan gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Ndoso di Desa Lumut, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat nyaris dihantam longsor.

Salah seorang guru di SMP Negeri 5 Ndoso, Adrianus Jadut mengatakan
bencana longsor nyaris hantam sekolah itu akibat hujan deras di wilayah itu.

Peristiwa itu kata dia, terjadi pada hari ini, Kamis 28 Januari 2021sekitar pukul 07:00 wita.

Menurut Adrianus , hujan deras mulai hari Rabu kemarin sampai kamis pagi tadi, semakin banyak Volume airnya yang tertahan, karena longsor di badan jalan raya sehingga air tergenang di lokasi sekolah tersebut.

“Sehingga air tertahan itu mengakibatkan longsor di lokasi sekolah, longsor tersebut tepat berada disamping Lab SMP Negeri 5 Ndoso dan kantor darurat pun terbawa longsor tersebut, “kata Adrianus kepada wartawan, Kamis siang

Ia mengatakan penyebab longsor itu secara umum adalah hujan dengan intensitas tinggi, kemiringan lokasi dan tanah yang mudah menyerap Air.

BACA JUGA:  Ada Aroma "Mayat" di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai

“Tercatat satu kantor darurat SMP Negeri 5 Ndoso tertimbun dan rusak berat akibat longsor tersebut, “pungkasnya.

Sementara Pejabat sementara (Pjs) Desa Lumut, Simon Cabut mengatakan longsor tersebut selain nyaris hantam sekolah SMP Negeri 5 Ndoso juga hampir putus jalan umum di sekitar sekolah tersebut.

Selain sekolah kata dia, longsor tersebut mengakibatkan satu dapur guru menjadi korban longsor.

“Itu peristiwa tadi pagi. Longsor itu hampir putus jalan umum di dekat sekolah situ, “katanya.

Dengan terjadi peristiwa itu kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat

“Untuk kami pemerintah desa karena cuaca hujan terus ini, paling kami usulkan ke BPBD Manggarai Barat terkait bencana itu, “ujarnya

Ia juga meminta kepada masyarakat setempat agar segera memperbaiki jalan umum yang hampir putus itu. (*)