Akibat Longsor, Bus Macet dan Jalur Benteng Jawa-Satarteu Lumpuh Total

Bus macet akibat longsor di Wae Pasat, Kampung Wae Rambung, Desa Golo Munga Barat, Kabupaten Manggarai Timur, NTT / Foto: Yhono

Borong, Koranntt.com – Sebuah mobil bus terbuang karena material longsor di ruas jalan yang menghubungkan Benteng Jawa menuju Satarteu, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, NTT pada Jumat, (16/1/2021) pagi.

Posisi mobil bus tersebut menghalangi badan jalan, akibatnya arus transportasi di wilayah itu lumpuh total. Insiden ini terjadi tepatnya di Wae Pasat, Kampung Wae Rambung, Desa Golo Munga Barat.

Sopir bus, Adrianus Suari Boga mengatakan, longsor sudah terjadi sejak Jumat kemarin. Di sejumlah titik, material longsor menumpuk pada badan jalan, sehingga kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintasi jalur tersebut.

“Dari kemarin jalan Benteng Jawa-Satarteu lumpuh total,” ujar Adrianus kepada wartawan pada Sabtu, (16/1/2021).

BACA JUGA:  Hadiri Perayaan Natal Klasis Sulamu, Ini Pesan Wabup Jerry Manafe

Hingga saat ini, pemerintah Desa Golo Munga Barat maupun Kecamatan Lamba Leda belum mengambil langkah terkait lumpuhnya arus transportasi di wilayah itu.

Ia berharap, pemerintah bisa turun tangan untuk segera menyelesaikan masalah longsor tersebut.

“Harapan kami, pemerintah cepat respon untuk bersama warga bergotong royong membuat jalan alternatif Benteng Jawa-Satarteu,” ucap Adrianus.

Informasi yang dihimpun Koranntt.com, saat ini penumpang dan kondektur sedang berupaya menarik sebuah bus yang macet menggunakan tali dengan memakai tenaga mobil dumtruck. (YH/KN)