PSMTI Kota Kupang Gelar Vaksinasi Drive Thru, Percepat Terciptanya Herd Immunity

Kegiatan vaksinasi drive true oleh PSMTI Kota Kupang. (Foto: Eman Krova)

Kupang, KN – Peguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar vaksinasi Covid-19 secara drive thru di Grand Mutiara Kupang, Selasa 22 Februari 2022.

Jajaran pengurus PSMTI Kota Kupang dan aparat Polda NTT. (Foto: Istimewa)

Kegiatan itu merupakan bentuk dukungan kepada Pemerintah Kota Kupang, untuk menekan angka penyebaran Covid-19, serta meningkatkan herd immunity masyarakat.

Wakil Ketua PSMTI Kota Kupang Dedy Tanone mengatakan, vaksinasi dilakukan secara drive thru, karena kebanyakan masyarakat Kota Kupang enggan melakukan vaksin di Puskesmas maupun di pusat pelayanan kesehatan lainnya.

“Kalau di Puskesmas, orang akan berpikir menunggu lebih lama. Sedangkan sistem drive true itu jalurnya lebih cepat. mereka datang ke sini, lakukan srceaning, vaksin, dan pulang,” ujar Dedy kepada wartawan di lokasi vaksinasi.

Ia menjelasakan, proses vaksinasi yang dilaksanakan melibatkan Kapolsek Kelapa Lima, serta dokter perwakilan dari pihak Kepolisian Daerah (Polda) NTT, sehingga vaksinasi drive thru dapat berjalan dengan lancar dan aman.

“Jadi kita berkolaborasi dengan Polsek Kelapa Lima dan tim dokter dari Polda NTT. Saya berterimakasih atas partisipasi dan respon yang sangat luar biasa, karena dapat menghadirkan vaksinasi drive thru ini,” jelasnya.

Menurut Dedy, untuk pelaksanaan vaksinasi drive thru, pihaknya menargetkan sebanyak 100 orang per hari, dan akan dilanjutkan pada hari Kamis mendatang, dengan penambahan kuota sebanyak 200 orang.

“Ini sangat luar biasa. Dan hari Kamis nanti kita akan tambahkan kuota menjadi 200 orang per hari, karena animo masyarakat begitu tinggi, responya sangat positif. Bahkan, banyak masyarakat yang belum vaksin sama sekali,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Setelah Sekolah Jam 5 Pagi, Gubernur NTT akan Terbitkan Aturan Jalan Kaki

Dedy menerangkan, kegiatan vaksin akan tetap dilakukan secara continue, untuk meningkatkan herd immunity masyarakat.

“Jadi saya ajak para pengusaha dan asosiasi lain yang ada di Kota Kupang untuk bekerja sama membantu proses percepatan vaksinasi pemerintah, dengan target sebanyak mungkin,” ucapnya.

“Agar program dari PSMTI Kota Kupang bisa menjadi pemicu positif bagi para pengusaha dan asosiasi yang ada di Kota Kupang. Karena semakin cepat program vaksinasi, maka masyarakat akan sehat, dan ekonomi berjalan baik,” tandasnya.

Ketua Vakisinator Biro Kesehatan Polda NTT Iptu Wahid Wahyudi kepada wartawan menjelaskan, vaksin yang diberikan kepada masyarakat adalah vaksin jenis Astrazeneca dan Pfizer.

“Vaksin ini terurama booster. Tetapi tidak menutup kemungkinan, akan tetap kita layani masyarakat yang belum melakukan vaksin tahap satu maupun dua, dengan Jenis vaksin yang kita pakai untuk booster itu Astreazeneca dan Pfizer,” jelasnya.

Ia menjelaskan, kegiatan vaksinasi akan dilaksanakan secara continue dan diharapkan PSMTI Kota Kupang menjadi contoh bagi asosiasi lainnya yang ada di Kota Kupang untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi.

“Kita harap kedepannya, dengan percepatan ini maka kita bisa sehat. Karena kalau masyarakat sehat maka perekonomian akan berjalan dengan baik,” pungkasnya. (*)